BID HUMASGeneralLatestNews

315 Calon Bintara Polri dan 10 Catar Akpol Lolos Seleksi Panda Sulteng

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Penerimaan Taruna/Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran (T.A) 2022, Bintara Polri gelombang II T.A 2022 dan gelombang I T.A 2023.

Sidang tersebut turut dihadiri oleh Wakapolda Sulteng, Brigjen Polisi Hery Santoso, S.I.K, MH, Irwasda, KBP Asep Ahdiatna, S.I.K, MH, Karo SDM, KBP Yudi Kurniawan, S.I.K, M.Si, selaku ketua tim seleksi, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, pengawas internal dan eksternal, peserta seleksi calon taruna Akpol dan calon Bintara Polri, Sabtu (02/07/2022) sore, di Sriti Convention Hall, Jalan Durian, Palu Barat, Kota Palu.

Dalam sambutan Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi yang dibacakan oleh Wakapolda menyampaikan ucapan selamat bagi mereka yang lulus terpilih untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri dan lulus terpilih calon Taruna Akpol Panitia Daerah (Panda) Sulteng.

“Ini tentunya merupakan kebahagiaan bagi orang tua kalian, cita-cita kalian sudah tercapai akan tetapi perjalanan kalian masih sangat panjang,” ucapnya.

“Atas nama kesatuan Polda Sulteng dan keluarga besar Polda Sulteng mengucapkan selamat bagi calon Bintara Polri baik gelombang II tahun 2022 dan gelombang I tahun 2023, dan selamat juga bagi calon taruna yang lulus dari panda Sulteng walaupun nanti harus seleksi tahap pusat di Akademi Kepolisian Semarang,” ujar Wakapolda.

Wakapolda juga menegaskan, dalam proses rekrutmen, Polda Sulteng betul-betul menerapkan dan mengimplementasikan prinsip BETAH, keberhasilan yang diraih adalah hasil jerih payah sendiri bukan orang lain.

“Jangan percaya sekarang atau kemarin ada orang lain atau pihak-pihak tertentu yang mengklaim bisa melulus dalam seleksi, ini adalah jerih payah kalian sendiri,” ucap Wakapolda.

Sementara bagi yang lulus seleksi Bintara Polri gelombang II tahun 2022, lanjut Wakapolda mengatakan bahwa pendidikan dibuka tanggal 25 Juli 2022, sedangkan untuk Bintara Polri gelombang I tahun 2023 dibuka sekitar bulan Februari 2023, oleh karena itu hindari jangan sampai ada pelanggaran, jaga sikap ditengah masyarakat dan tetap jaga kesehatan,” pesannya.

Karo SDM Polda Sulteng, KBP Yudi Kurniawan, saat mengumumkan hasil seleksi Bintara Polri dan Taruna Akpol T.A 2022 mengatakan, bahwa sampai seleksi tahap akhir Panda Sulteng, untuk Calon Taruna Akpol tersisa 20 orang dan calon Bintara Polri tersisa 332 orang.

“Dari 20 orang calon Taruna Akpol T.A 2022 yang dinyatakan lulus terpilih sesuai kuota Polda Sulteng yakni 10 orang pria, mereka nantinya akan kembali mengikuti seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang,” jelasnya.

“Sementara itu dari 332 calon Bintara Polri yang mengikuti seleksi hingga akhir yang dinyatakan lulus terpilih sebannyak 315 orang terdiri dari Pria 308 orang dan wanita 7 orang,” kata Karo SDM.

“Sebanyak 315 orang yang dinyatakan lulus terpilih akan mengikuti pendidikan calon Bintara Polri gelombang II tahun 2022, sebanyak 227 orang dan sisanya 88 orang akan masuk pendidikan gelombang I tahun 2023,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa Gelombang II tahun 2022, pembukaan pendidikan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 mendatang, sedangkan untuk yang mengikuti pendidikan gelombang I tahun 2023, pembukaan pendidikan diperkirakan pada bulan Februari 2023 mendatang.(fn)