BID HUMASSATKER

Jajaran Polres Banggai Aktif Cek Kandang Peternak Hewan Antisipasi Wabah PMK

Banggai, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Jajaran Polres Banggai terus engantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak membuat aparat kepolisian jajaran Polres Banggai turun melakukan pengecekan di lapangan.

Pengecekan itu dilakukan dengan mendatangi kandang-kandang ternak sapi yang berada di wilayah Kabupaten Banggai.

Kasi Humas Polres Banggai AKP Haryadi SH, mengungkapkan, merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia membuat pihak pemerintah dan kepolisian di Kabupaten Banggai terus melakukan langkah-langkah pencegahan secara maksimal.

“Ini dilakukan untuk mengecek dan memastikan langsung kondisi hewan ternak di lapangan. Dari hasil pengecekan hasilnya masih negatif,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu (16/7/2022).

Meski begitu masih negatif, Haryadi menyatakan, jajaran Polres Banggai akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan untuk mewaspadai hal tersebut.

“Kita juga mengimbau para peternak sapi agar selalu mengecek kondisi hewan ternaknya. Dan melaporkan apabila jika terjadi gejala PMK,” kata perwira pangkat tiga balak ini.

Haryadi pun menambahkan, pihaknnya akan bekerjasma dengan instansi terkait untuk melakukan pengecekan dan pengawasan bersama di lokasi.

“Untuk masyarakat diimbau agar tidak panik. Karena hal itu akan membuat situasi tidak membaik, justru akan memperburuk,” imbaunya. (DA)