BID HUMASSATKER

Wakapolda Sulteng Hadiri Groundbreaking Ceremony For The Reconstruction of Palu 4 Bridges Coastal Road

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen Pol Hery Santoso, S.I.K, M.H menghadiri Groundbreaking Ceremony For The Reconstruction Of Palu 4 Bridges Ini Centeral Sulawesi Province, Rabu (20/07/2022) pagi, di Jalan Rajamoili, Kota Palu.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Dirjen Pembiayan Infrastruktur PUPR, Dr.Ir. Heri Tri Saputro, Ketua Satgas Bencana PUPR Sulteng, Dr. Arie Sutiadi, Walikota Palu, Hadianto, Duta Besar Jepang untuk Indonesia hadir melalui sarana zoom, dan pimpinan JICA, Mr. Yasui Takehiro.

Pada kesempatan tersebut Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah, Dr Arie Sutiadi menyampaikan bahwa pembangunan Jembatan IV Palu sebagai pengganti Jembatan IV yang hancur akibat bencana gempa bumi dan likuifaksi pada tanggal 28 September 2018 lalu.

“Jembatan yang dibangun ini terkoneksi dengan jalan lingkar Palu dan akan menjadi jalur logistik, Jalan Wisata dan memiliki kontruksi yang mampu meredam bencana,” ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa rencana pembangunan kembali Jembatan IV sudah dilaksanakan penandatanganan kesepakatan hibah dengan JICA pada tahun 2019 lalu, akan tetapi terkendala persiapan teknis dan lokasi pembangunan.

“Adapun biaya pembangunan kontruksi Jembatan IV Palu sebesar 2,5 Juta Yen, dengan panjang bentang jembatan 2,5 Km dengan masa pelaksanaan mulai 31 Juni 2022 sampai dengan 30 Juni 2024 atau 24 bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa sebelumnya sangat khawatir tidak akan secepat ini bisa dibangun Jembatan Palu IV karena pembangunan Jembatan Palu IV itu begitu susahnya dibangun karena ketersediaan anggaran.

Gubernur juga sangat berterimakasih atas bantuan dari negara Jepang, bantuan Presiden RI dan bantuan PUPR sehingga pembangunan Jembatan IV Palu bisa dimulai saat ini.(DA)