BID HUMASSATKER

Cegah Wabah PMK, Babinkambtibmas Polsek Riopakava Sambangi Warganya

Donggala, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dalam rangka mengantisipasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada hewan ternak di sebagian wilayah Indonesia, Polres Donggala melalui Babinkamtibmas rutin melaksanakan pemantaun peternakan sapi diwilayah binaan, Minggu (24/07/2022).

Seperti yang dilakukan oleh Babinkamtibmas Polsek Rio Pakava, Polres Donggala, Briptu Edy Jaya tampak sedang melaksanakan kegiatan sambang kepada warganya yang memiliki hewan ternak.

Briptu Edy Jaya menyambangi peternakan sapi untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi di desa binaan.

“Hasil pemantauan hewan ternak sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku,” ujarnya.

Namun demikian pihaknya menyampaikan imbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi warga di wilayah Kecamatan Rio Pakava.

“Dan kami himbau pemilik peternakan sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,” imbaunya.

Sementara itu Kapolres Donggala, AKBP Muhammad Yudie Sulistiyo, S.I.K, melalui Kapolsek Rio Pakava, Ipda Resno Winarto, S.H juga menyampaikan apabila ada hewan ternak yang terjangkit wabah PMK pihaknya akan sesegera mungkin melaporkan.

“Selain itu koordinasi dengan pemilik ternak sapi maupun dinas terkait dinas peternakan dalam hal ini penyuluh peternakan termasuk melibatkan Babinkamtibmas untuk memantau di kelurahan binaan masing-masing,” tutup Kapolsek Rio Pakava. (KR)