BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

FGD Kontra Radikal Tiga Wilayah di Sulteng Dikunjungi Tim Divhumas Polri

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Divisi Humas Polri menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka kegiatan kontra radikal dengan mengangkat tema “Terorisme Adalah Musuh Kita Bersama” di wilayah Sulawesi Tengah.

Melalui tim Subsatgas Banops Humas Polri Kontra Radikal dipimpin AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E, M.Si itu ada tiga wilayah yang menjadi sasaran kontra radikal yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi.

“Kita harus sepakat Terorisme adalah musuh kita bersama,” ucap Ketua tim Subsatgas Banops Humas Polri Kontra Radikal, di Donggala, Kamis (11/08/2022).

Masih kata Gatot, bahwa hari ini pihaknya hadir di Sulteng (Palu, Donggala dan Sigi) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam rangka kegiatan Kontra Radikal.

Kontra radikal merupakan upaya untuk mencegah agar masyarakat tidak mudah dipengaruhi terhadap berbagai faham radikal yang nantinya akan disampaikan oleh ustadz Makmun Rasyid, M.Ag pengurus harian Badan Penanggulangan Ekstrimisme dan Terorisne (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Selain itu dalam penyampaian materinya, Ustad M. Makmun Rasyid selaku narasumber menyampaikan strategi pencegahan dan penanggulangan radikal-terorisme di Indonesia khususnya wilayah Sulteng.

“Hal-hal yang perlu dilakukan dengan menciptakan kewaspadaan dan kepedulian, menumbuhkan naluri kebangsaan, waspada terhadap provokasi, menyebarkan pesan-pesan perdamaian dan memandaatkan media sosial dengan baik,” ujar Ustad Makmun.

Pengurus BPET MUI Pusat itu juga berpesan adanya peran beberapa kelompok strategis untuk turut melakukan pencegahan faham radikal antara lain pemerintah, dunia pendidikan, dunia bisnis, media, TNI Polri, Parpol dan civil soceity.

Ditempat yang sama Kabid Humas Polda Sulteng melalui Kasubbid Penmas, Kompol Sugeng lestari mengatakan bahwa ada 3 wilayah yang akan dikunjungi tim Divhumas Polri untuk menggelar FGD dan sosialisasi dalam rangka kontra radikal.

Tim Divhumas yang membawa pengurus BPET MUI Pusat ini akan melaksanakan FGD di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan sosialisasi Kontra Radikal di salah satu Ponpes di Kabupaten Sigi.

“Tentunya dengan adanya kegiatan FGD ini diharapkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dapat bersinergi dengan pemerintah dan TNI Polri dalam upaya melakukan pencegahan faham radikal di wilayah Sulawesi Tengah,” pungkasnya.