Siaga Mako 24 Jam, Piket Pawas Polres Sigi Cek Kesiapsiagaan Personel Piket dan Kondisi Tahanan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id -, Selain bertanggung jawab dengan situasi keamanan Markas Komando (Mako) Kepolisian Resor (Polres) Sigi selama 24 jam, Piket Pawas (Perwira Pengawas) senantiasa juga mengontrol dan mengecek personel Kepolisian Resor (Polres) Sigi yang melaksanakan piket di satuan fungsi (Satfung) masing – masing termasuk Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti). Sabtu (20/8/2022) pagi.

Kegiatan pengecekan itu dilaksanakan dalam serah terima tugas penjagaan oleh Wapawas Aipda Yusuf Sapewali. Sementara yang menjadi sasaran pemeriksaan yaitu jumlah tahanan, Keamanan tahanan, Kesehatan serta barang – barang yang tidak boleh berada di dalam ruang tahanan seperti korek api, Sarung, Benda tajam, Sendok besi dan barang berbahaya lainnya serta kondisi ruang tahanan.

Dari hasil pengecekan tahanan yang berada di ruang tahanan Polres Sigi keseluruhan berjumlah tiga puluh lima (35) orang, dalam keadaan sehat dan lengkap.

Kegiatan pengecekan tahanan ini dimaksudkan agar piket penjagaan tahanan selalu waspada dalam menjaga dan mengawasi keberadaan orang yang berada dalam ruang tahanan.

Dengan adanya pengecekan dari Pawas ini, Personel yang melaksanakan piket akan tetap siap dan siaga menjalankan tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh piket Pawas kali ini.

Sebagai Pawas AKP Yusuf Sattu yang diwakili oleh Wapawas Aipda Yusuf Sapewali memberikan arahan kepada anggota Piket SPKT agar selalu memonitor situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sigi, Jaga sikap tampang dan sopan santun serta humanis dalam melayani masyarakat apabila menerima laporan, dan tetap stand by apabila ada hal – hal yang urgensi agar dapat segera dikumpulkan untuk melaksanakan tugas.

Selain itu piket Pawas juga menghimbau agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan ruang penjagaan, Kepada petugas jaga tahanan agar selalu cek dan kontrol tahanan jangan sampai ada terjadi hal – hal yang tidak diinginkan terhadap tahanan. Apabila ada masyarakat yang bertamu agar selalu memeriksa barang bawaannya dengan teliti untuk menjaga keamanan bersama. (KR)