BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Jangan Panik Sikapi Beredarnya Isu Gagal Ginjal Akut pada Anak

Bangkep, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kamis 27/10/22, isu adanya penyakit gagal ginjal akut pada anak akhir akhir ini beredar di media soaial. Namun kebenarannya masih dalam kajian instansi terkait.

Bahkan dalam isunya gagal ginjal pada anak akibat mengkonsumsi paracetamol syrup. Departemen kesehatan langsung merespon hal tersebut dengan menguji jenis syrup di Badan Riset Nasional. Dan untuk sementara apotek untuk tidak memperjual belikan paracetamol syrup.

Menyikapi hal tersebut Polres Bangggai Kepulauan melakukan pengecekan ke berbagai toko obat dan apotek yang ada untuk memastikan agar obat tersebut tidak beredar. Disamping melakukan pengecekan aparat juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.Apabila ada gejala penyakit pada anak anak untuk segera ke dokter.

Hasil dari pengecekan untuk wilayah hukum Banggai Kepulauan tidak ditemukan adanya peredaran paracetamol syrup. Bahkan Kapolres Banggai AKBP Bambang Herkamto SH telah memerintahkan personilnya untuk melakukan kordinasi dengan dinas kesehatan setempat guna terus memantau perkembangan di tengah masyarakat.

Kapolres berpesan agar masyarakat turut berperan aktif dalam mencegah adanya situasi yang tidak kondusif akibat isu isu yang beredar di media sosial. Apabila ditemukan sesuatu yang mencurigakan untuk segera melapor ke pihak yang berwenang.(KR)