GIAT OPSPOLRES BANGKEPUncategorized

Bupati Bangkep Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala – 2022

Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir, SH,LL.M memimpin apel gelar Pasukan kesiapan operasi Lilin Tinombala tahun 2022 yang diikuti unsur Forkopimda, TNI dan Polri dihalaman Mapolres Bangkep, Kamis, (22/12/2022).

Apel Gelar Pasukan ini diikuti,  Kapolres Bangkep AKBP Bambang Herkamto, S.H., PJU Polres Bangkep, Kepala Forkopimda Kab. Bangkep dan Kab. Balut serta undangan lainnya.

Dalam sambutan yang dibacakan Bupati Ihsan Basir, Kepala Kepolisian Republik Indonesia  Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo  menyampaikan bahwa, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir bentuk kesiapan pelaksanaan operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru baik pada aspek Personil  maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan  Mitra Kantibmas lainnya.

Jendral Listyo melanjutkan, Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian,  peningkatan aktivitas masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan covid-19 di Indonesia sudah terkendali sehingga Pemerintah pusat dan daerah memberikan kelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM level-1.

Pada sisi keamanan terdapat potensi gangguan yang perlu diwaspadai seperti kecelakaan lalulintas, penyeberangan antar pulau serta kepadatan masyarakat di Pelabuhan. Ancaman terorisme merupakan ancaman yang serius, dan diharapkan kejadian di Polsek Astana Anyar tidak terulang kembali sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan.

Masih dalam amanat Kapolri, selanjutnya terkait bencana alam, persiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung serta penguatan edukasi tanggap bencana kepada masyarakat, sehingga kita mampu melakukan quick respon guna memetigasi bencana. Untuk pelaksanaan Ibadah Natal agar dilakukan sterilisasi tempat ibadah dengan melibatkan TNI, Jibom serta libatkan elemen masyarakat seperti ormas untuk melakukan pengamanan guna mewujudkan toleransi antar umat beragama, sedangkan untuk kegiatan tahun baru agar dilakukan pengetatan izin keramaian dengan melakukan assesment dengan bekerja sama dengan pihak terkait.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kepolisian Republik Indonesia mengadakan operasi lilin yang dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023 dengan mengedepankan kegiatan promotive dan preventive serta humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Kapolri juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta diniatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

Terakhir, sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimismedi tahun baru, demi mewujudkan indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

Di akhir Apel Gelar Pasukan Kapolres Bangkep AKBP Bambang Herkamto, S.H memberikan penghargaan kepada 5 personil bintara polri atas prestasinya , 5 bintara polri ini adalah Bripka Sudarman Amin, S.M dan Briptu Aldino yang telah berprestasi menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan selama 9 tahun berturut turut berdasarkan Surat Keputusan Kapolres Bangkep Nomor : Skep / 73/XII/ 2022 serta Aipda Erwin A.M, Briptu Rizky Lalamo dan Briptu Adi Jasmon yang telah berhasil membantu penangkapan DPO Tipikor Morowali berdasarkan Surat Keputusan Kapolres Bangkep Nomor : Skep / 74 /XII/ 2022.