BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Direktur Resnarkoba Polda Sulteng Hadiri HUT BNN Ke 21

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diwakili Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) Kombes Pol Adhi Purboyo, S.I.K, M.H menghadiri kegiatan sinkronisasi program dan kebijakan Kabupaten dan Kota tanggap ancaman narkoba sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21 Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Rabu 22 Maret 2023, pagi, di Hotel Sutan Raja, Kota Palu.

Acara yang mengangkat tema “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersih Narkoba Bersinar” itu dihadiri Kepala BNN Sulteng Monang Situmorang, Gubernur Sulteng diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Moh. Faizal Mang, perwakilan dari Korem 132 Tadulako, perwakilan dari Lanal Palu dan sejumlah para undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNN Sulteng mengatakan peringatan tersebut dilakukan bersama sinkronisasi kegiatan dan kebijakan Kabupaten dan Kota.

“Pada peringatan kali ini berbarengan dengan rangkaian acara sinkronisasi kegiatan dan kebijakan Kabupaten dan Kota,” kata Ka BNN Sulteng.

Menurut Ka BNN Sulteng, dengan mengangkat tema diatas telah sesuai instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional.

“Beberapa program BNN sesuai Rencana Aksi Nasional salah satunya menciptakan Indonesia Bersih Narkoba,” jelasnya.

Ia juga menuturkan dalam menyambut HUT BNN ke 21, pihaknya menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan salah satunya yakni perlombaan seperti tenis meja, bulu tangkis dan domino.

“Kegiatan perlombaan ini diharapkan dapat mengalihkan rasa penasaran masyarakat untuk mencoba menggunakan narkoba,” tuturnya.

Lomba tersebut, harap Ka BNN Sulteng, dapat memiliki manfaat positif sehingga menjadi upaya BNN Sulteng dalam melakukan pencegahan, pemberantasan, pengedaran, penyalahgunaan narkoba.

Ia juga mengungkapkan, frekuensi pemberian informasi faktual terkait kasus pengunaan narkoba di Sulteng sebesar 2,80 persen di kalangan usia 15-64 tahun.

Menurutnya, 52.341 orang dengan rata-rata durasi penggunaan lebih dari satu tahun menduduki peringkat keempat kategori pengguna di Indonesia.

“Mengacu data nasional Sulteng menempati urutan ke-4 setelah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan DKI Jakarta tentang jumlah pengguna di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu mewakili Gubernur Sulteng, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Moh. Faizal Mang mengatakan bahwa pemerintah daerah harus berperan aktif dalam menyelesaikan masalah ketergantungan narkoba.

“Peran pemerintah daerah dalam mencegah peredaran narkoba di Sulteng sangat penting salah satu nya dengan tetap waspada,” ucap Faizal.

Pada kesempatan yang sama pula, ia menyampaikan ucapan selamat HUT BNN dan memberikan penghormatan kepada BNN Provinsi Sulawesi Tengah.

“Saya berharap pemerintah dapat meningkatkan komitmen dan rasa tanggungjawab terhadap masalah narkoba di Sulteng,” tandasnya.(fn)