POLRES BANGGAI

Kapolsek Nuhon Hadiri Sosialisasi Tentang Penetapan Tapal Batas Tiga Desa

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bertempat di kantor Desa Pulodalagan Kecamatan Nuhon telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi dalam percepatan penegasan tapal batas antar desa, Senin (8/5/2023).

Turut hadir kegiatan tersebut Kabag Tapem OTDA Banggai Andi Nursyamsi Amir, S.STP, MSi, Camat Nuhon Hariadi Bola, SH, Kapolsek Nuhon IPTU Budi Susanto Putra Lubis, Peltu Arto Nandi wakili Danramil Bunta, dan Forum Kades Nuhon.

Sosialisasi penegasan tapal batas ini membahas tentang tapal batas desa wilayah antara Desa Pulodalagan, Desa Tobelombang dan Desa Balaang di Kecamatan Nuhon, Banggai.

Dalam keterangannya Kapolsek Nuhon mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperjelas batas administrasi pemerintahan, bukan batas territorial.

“Komitmen antara wilayah mutlak diperlukan untuk mencapak kesepakatan guna menghindari konflik agar tidak menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujar IPTU Budi.

Penegasan batas antar ketiga desa tersebut juga memberikan kejelasan hukum terhadap batas desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis agar desa memiliki dasar yang kuat.

“Walaupun sebelumnya ada perbedaan titik batas wilayah gunung dan bagian pantai dapat disepakati dalam musyawarah ditandai dengan penandatanganan berita acara penetapan,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai