BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Penipuan Menjadi TNI Modus Lulus tanpa tes, Pelaku ditangkap di Manado

Tribratanews, Palu – Diduga pelaku Penipuan seleksi penerimaan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024 akhirnya ditangkap dan dibawa ke Polda Sulawesi Tengah.

Setidaknya ada 4 warga Kabupaten Poso yang menjadi korban, dimana pelaku berdalih bisa meluluskan korban lewat jalur khusus alias tanpa tes.

“Pelaku sudah diamankan dan saat ini masih dalam perjalanan menuju ke Palu dari Manado Sulawesi Utara,” kata Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari dalam keterangan pers, Selasa (28/5/2024)

Sugeng juga menyebut, Pelaku inisial IWS (46) Alamat Jalan Bulumasomba Kel. Lasoani Kec. Mantikolore Palu.

“Untuk sementara ada 4 orang yang menjadi korban, kesemuanya warga dari Kabupaten Poso.” ujarnya

Modus pelaku adalah menjanjikan korban masuk menjadi anggota TNI melalui jalur khusus atau tanpa tes, ungkap Kasubbid penmas.

Sugeng juga mengungkap, dari perbuatannya tersebut, pelaku telah menerima sejumlah uang dari para korban sebanyak kurang lebih Rp 587.280.000 yang diserahkan secara bertahap.

Untuk diketahui kata Kasubbid Pennas, penangkapan pelaku ini berkat sinergitas jajaran TNI dan Polri di Kota Manado Sulawesi Utara. Tentunya ini patut kita apresiasi.

Dengan tertangkapnya pelaku IWS ini, bagi masyarakat Sulawesi Tengah yang pernah menjadi korban dengan modus yang sama dipersilahkan melapor ke Polda Sulteng, pungkasnya. (fn)