NewsPOLRES MOROWALI

Gempa Bumi 5,1 SR, Tidak Berpotensi Tsunami, Polres Morowali Data Kerugian

tribratanews, Morowali – Sulawesi Tengah diguncang gempa tektonik, tepatnya pada Hari Jumat 31/05/2024 pukul 01.08 Wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo 4,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,74° LS ; 122,15° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 27 Km arah tenggara Morowali, Sulawesi Tengah pada kedalaman 20 km.

Akibat dari kejadian gempa bumi tersebut warga menjadi panik dan keluar rumah serta ada beberapa rumah warga yang retak serta barang- barang di toko jatuh berhamburan.

Kapolres Morowali AKBP Suprianto, S.I.K., M.H., membenarkan terkait gempa bumi di Morowali yang terjadi jumat malam.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” imbau Kapolres.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tambahnya.

Kapolres juga memerintahkan para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas harus selalu waspada mengantisipasi dampak bencana terutama di malam hari.

Kapolres juga memerintahkan kepada para Kapolsek untuk menyiagakan semua kekuatan baik personel maupun peralatan, dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Kepada para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, diingatkan untuk senantiasa melakukan monitoring dan mengecek situasi maupun kondisi di wilayah tugasnya masing-masing,” pungkas Kapolres.

Berikut hasil monitoring Polres Morowali secara umum yang terdampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Morowali sebagai berikut:
1). Rumah kos-kosan : 3 petak mengalami rusak ringan
2). Fasilitas ibadah 1 unit di desa Fatufia (Masjid) mengalami rusak ringan
3). Fasilitas pendidikan : 2 unit yaitu:
– TK Kuncip Pratiwi desa Bahomakmur mengalami Rusak Ringan
– SDN Bahodopi mengalami Rusak ringan
4). Fasilitas pemerintah 1 unit yaitu aula kantor desa mengalami rusak ringan
5). Rumah penduduk 2 unit
– Rumah Sdr (i) Melda di Bahomakmur rusak ringan
– Rumah Sdr. Torik di Bahomakmur rusak ringan
6). Korban Luka Sebanyak 4 Orang dan Sudah Dilakukan Perawatan Di Puskesmas Bahodopi dan 
RSUD Morowali.