BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polres Banggai Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Ajak Aktualisasi Nilai Kerukunan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Upacara Hari Lahir Pancasila digelar di Halaman Apel Mapolres Banggai, Sabtu (1/6/2024) pukul 07.30 Wita.

Upacara dipimpin oleh Kabagops Polres Banggai Kompol Esti Prasetyo Hadi yang dihadiri PJU, Personel, ASN serta komandan upacara IPDA Tommy H. Kawilarang.

Dalam kesempatan tersebut Kabagops menyampaikan amanat, dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Nilai-nilai luhur Pancasila pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini marilah kita bergotong-royong merawat anugerah Pancasila dengan menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai pengamalan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” kata Kompol Prasetyo.

Kabag Ops mengajak seluruh personel Polres Banggai untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian terutama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Aktualisasikan nilai Pancasila dengan memberikan pelayanan prima ke masyarakat,” sebutnya.

1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila memiliki sejarah yang berkaitan dengan momen perumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI. Soekarno menyampaikan pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila menjadi dasar negara Indonesia.

Adapun penetapan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni secara resmi telah ditetapkan sejak tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini termuat dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.*HumasPolresBanggai