BID HUMASGeneralHUKUMLatestNewsSATKER

Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sulteng Gelar Lomba Debat Hukum untuk Mahasiswa

Tribratanews – Palu – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan lomba debat hukum nasional antar perguruan tinggi Mahasiswa Fakultas Hukum yang ada Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, bertempat di Rupatama Lantai 2 Mapolda Sulteng, Rabu (4/6/2024).

Acara tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K.,S.H.,M.H., didampingi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, S.I.K.,dan dihadiri sejumlah pejabat utama Polda, dan para juri.

Sementara untuk peserta lomba dalam debat hukum ini, diikuti sebanyak enam (6) tim dari perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sulteng.

Tim tersebut, diantaranya Universitas Tadulako (Untad) Palu, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso, Universitas Tompotika Luwuk, Universitas Madako Tolitoli.

Adapun tema yang diangkat dalam lomba debat kali ini, adalah “Permasalahan Penegakan Hukum oleh Polri,” dengan fokus isu yaitu ‘Restorative Justice dan Penyebaran Berita Bohong atau Hoaks’.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulteng menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap para peserta bisa mendapatkan pemahaman yang baik tentang hukum.“

Tahun ini ada yang berbeda dengan rangkaian acara menyambut Hari Bhayangkara sebelumnya, dan ini yang pertama kalinya di Sulteng yakni lomba Debat Hukum yang diikuti oleh mahasiswa Perguruan Tinggi di Sulteng,” ucapnya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menuangkan ide dan gagasan, serta mampu mengeksplorasi isu-isu hukum faktual yang sedang terjadi,” ujarnya.

Lebih dalam, Ia juga mengungkapkan bahwa Kepolisian mempunyai tiga tugas pokok utama, diantaranya Harkamtibmas, penegakan hukum yang berkeadilan, serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Melalui kegiatan lomba debat hukum ini, diharapkan bisa menjadi momen yang bermakna bagi kita semua,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, S.I.K, Rektor Universitas Tadulako (Untad) yang diwakili oleh Wakil Rektor Dr. SC., AGR., IR. AIYEN, M.SC, Rektor Unversitas Muhamdiyah (Unismuh) Palu Prof. Dr. H. Rajindra, S.E., M.M., Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu yang diwakili oleh Wakil Rektor Dr. H. Faisal Attamimi, S.AG., M.FIL.I.

Selain itu juga dihadiri oleh Rektor Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso Dr. Suwandhi Pantih, S.SOS., M.M., Rektor Universitas Tompotika Luwuk yang diwakili oleh Wakil Rektor Muhammad Abdi Sabri Budahu, S.H., M.H.

Sementara itu, Kabidkum Polda Sulteng Kombes Pol Saptono, S.I.K., M.H., C.P.H.R., menambahkan lomba ini dilaksanakan oleh Divisi Hukum Polda Sulteng mulai tanggai 4 sampai 6 Juni 2024. Anggota Tim peserta adalah Mahasiswa aktif Strata Satu (S1) Maksimal mahasiswa semester VI dan minimal yang semester IV dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78, ujarnya

Lebih lanjut Kabidkum menjelaskan dalam lomba debat hukum kali ini pemenang dari tingkat Polda Sulteng akan dikirim untuk mewakili zona timur yang dipusatkan di Polda Sulsel pada 12 Juni 2024 dan pemenang debat akan dikirim ketingkat pusat,” katanya.”Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, harapannya kemenangan yang sudah diraih bukanlah akhir dari segala galanya. Tetap semangat untuk menghadapi perlombaan kedepannya,” tutupnya. (AWL)