BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Bidpropam Polda Sulteng Gelar Gaktibplin, 6 Personel Terjaring

Tribratanews, Palu – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) melaksanakan kegiatan Penegakkan Tata Tertib dan Disiplin (Gaktibplin), Rabu 13/06/2024 pagi, di depan pintu masuk Mapolda Sulteng.

Kegiatan  Gaktibplin itu dipimpin langsung oleh AKBP Anom Subawono, S.I.K., M.Si selaku Ps. Kasubbidprovos Bidpropam Polda Sulteng.

“Tujuan dari Gaktibplin kali ini adalah untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, yang dimiliki oleh personel Polda Sulteng, baik itu kendaraan dinas maupun pribadi,” jelas Kasubbidprovos.

Kasubbidprovos mengungkapkan dalam kegiatan Gaktibplin tersebut, ditemukan enam personel yang melanggar peraturan dengan berbagai bentuk pelanggaran, seperti tidak memiliki STNK sepeda motor dinas, tidak memiliki STNK sepeda motor pribadi, STNK sepeda motor dinas habis masa berlakunya, SIM habis masa berlakunya dan tidak membawa kelengkapan surat sepeda motor.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polda Sulteng dalam meningkatkan disiplin dan kepatuhan para anggota terhadap aturan yang berlaku, baik dalam urusan dinas maupun pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Propam Polda Sulteng, Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin, S.I.K., mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk memastikan bahwa seluruh personel Polda Sulteng mematuhi peraturan lalu lintas dan memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, disiplin dan tanggung jawab personel terhadap peraturan akan semakin meningkat,” terangnya.

Ia juga menambahkan pelanggaran yang ditemukan akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Hal ini penting agar tidak hanya masyarakat, tetapi juga anggota Kepolisian sendiri dapat menjadi contoh dalam hal kepatuhan terhadap aturan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan kegiatan penegakkan tata tertib dan disiplin ini merupakan salah satu langkah strategis pihaknya dalam menjaga integritas dan profesionalisme anggota.

“Dengan disiplin yang tinggi, diharapkan Polda Sulteng dapat terus menjalankan tugas dan fungsinya dengan optimal, serta menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal ketaatan terhadap aturan dan hukum yang berlaku,” pungkasnya.(fn)