BID HUMASSATKER

Optimalisasi pengamanan pilkada 2024, Fungsi Keuangan Polda Sulteng lakukan rakernis Bidang Keuangan

Palu, Tribratanews – Acara yang mengangkat tema “Optimalisasi Kinerja Fungsi Keuangan Polri Guna Mendukung Pengamanan Pilkada Serentak Dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Maju” itu. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda Sulteng Tahun 2024, di ballroom Hotel Aston Palu. (19/062024)

Dalam acara tersebut dihadiri sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng diantaranya Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, S.I.K, Irwasda Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K., M.H., para PJU, para Wakapolres jajaran, para Kasubbagrenmin Satker Polda, serta seluruh para bendahara jajaran Polda Sulteng.

Pada sambutannya Kapolda Sulteng menyebutkan sekaligus menekankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2022 disebutkan bahwa prinsip-prinsip dalam pertanggungjawaban keuangan meliputi Legal, yaitu administrasi perwabkeu dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, Akuntabel, yaitu penyelenggaraan administrasi perwabkeu harus dapat dipertanggung jawabkan.

Kemudian Transparan, yaitu perwabkeu dilaksanakan secara jelas dan terbuka, serta Proporsional, yaitu perwabkeu dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya.

Dikesempatan yang baik itu Kapolda juga tidak lupa berpesan untuk tetap pertahankan prestasi Polri yang telah memeproleh opini wajar tanpa pengecualian selama sebelas kali berturut-turut dari BPK-RI.

“Tentunya ini memberikan dampak positif bagi institusi polri termasuk di dalamnya polda sulawesi tengah beserta jajaran, yang turut andil dan berkontribusi dalam pengelolaan keuangan dan aset barang milik negara (bmn) melalui optimalisasi penggunaan aplikasi sakti.” Lanjutnya

Polda Sulteng juga mendapat dana hibah dari pemerintah daerah guna mendukung PILKADA serentak di tahun 2024. Dana tersebut akan dialokasikan ke satker biroops dan polres/ta jajaran.

“Sejalan dengan hali itu, saya tekankan kepada para kasatker jajaran polda sulteng agar tetap mempedomani regulasi yang mengatur terkait penggunaan dana hibah tersebut.” Tutupnya. (fn)