BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., menghadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event melalui sarana Zoom Meeting, Senin 24/06/2024 pagi, diruang rapat utama (Rupatama).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo yang juga dihadiri oleh Kapolri beserta para pejabat utama Mabes Polri, para pejabat daerah, pengusaha, dan para pelaku industri kreatif.

Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. Joko Widodo menekankan pentingnya inovasi ini untuk mempermudah proses perizinan penyelenggaraan event, baik skala nasional maupun internasional.

“Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event ini dirancang untuk memangkas birokrasi yang rumit, sehingga perizinan yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan kini dapat diselesaikan dalam satu hari,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga mencontohkan bagaimana negara tetangga telah menerapkan sistem perizinan yang cepat dan efisien. Hal ini, menurutnya, menjadi tantangan sekaligus motivasi bagi Indonesia untuk berbenah.

“Di negara tetangga, perizinan penyelenggaraan event sangat cepat. Sedangkan di Indonesia, proses perizinan sering kali memakan waktu berbulan-bulan. Oleh karena itu, perizinan yang rumit harus dipangkas untuk memudahkan prosesnya hanya dalam satu hari,” tambahnya.

Presiden berharap, peluncuran aplikasi ini dapat memberikan dampak positif dalam berbagai sektor, terutama dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif yang seringkali mengadakan berbagai acara dan festival.

“Dengan perizinan yang lebih cepat, penyelenggara event dapat lebih fokus pada persiapan dan pelaksanaan acara tanpa harus terjebak dalam birokrasi yang berbelit,” tutur Presiden.

Dengan peluncuran aplikasi ini, lanjut Presiden, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya dalam menyelenggarakan berbagai event berskala besar, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dukungan teknologi ini juga menjadi langkah konkret pemerintah dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam zoom meeting tersebut diantaranya para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, unsur forkompimda serta instansi terkait lainnya.(fn)