BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

TNI-Polri Kompak Cek Perkembangan Banjir di Desa Sukamaju, Batui Selatan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dampak serius dari hujan deras yang melanda wilayah hukum Polsek Batui, pada Rabu, 10 Juli 2024, sekitar pukul 08.00 Wita, telah menggerakkan respons cepat dari TNI dan Polri.

Personel Koramil dan Polsek Batui bersama melaksanakan langkah-langkah kritis dalam melakukan pemantauan di wilayah tersebut.

Kapolsek Batui, IPTU Rudi Dg. Sumbung, SH, mengatakan situasi terkini di lapangan menunjukkan bahwa sebanyak 30 kepala keluarga dan 4 fasilitas umum di Desa Sukamaju Kecamatan Batui Selatan, Banggai, terendam air mencapai 50 cm.

Meskipun ada penurunan debit air, belum ada laporan signifikan mengenai kerugian materiil maupun korban jiwa bagi masyarakat. Situasi saat ini masih terkendali dan aman.

IPTU Rudi menekankan bahwa banjir ini akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan sungai di Desa Sukamaju meluap hingga mengenangi pemukiman warga, jalan hingga persawahan.

Saat ini curah hujan masih berlangsung, kemungkinan adanya peningkatan debit air banjir di kawasan pemukiman masyarakat dataran rendah tetap menjadi perhatian utama.

“Meskipun demikian, Polsek Batui tetap siaga dan akan melaporkan perkembangan situasi pada kesempatan berikutnya,” terangnya.

Ia mengimbau kepada masyarakatnya untuk tetap waspada dan siap menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi.

“Bersama TNI dan stakeholder terkait akan terus memantau perkembangan banjir dan memberikan bantuan yang dibutuhkan warga,” tukasnya.*HumasPolresBanggai