GeneralLatestNewsSATBRIMOB

Korban Tenggelam di Sungai Koromposo, Brimob Sulteng Bantu Lakukan Pencarian

Tribratanews, Poso – Tim Search and Rescue (SAR) dari personel Kompi 4 Batalyon B Pelopor Brimob Sulawesi Tengah (Sulteng), bekerja sama dengan anggota Polsek Pamona Utara, Polairud, BNPB, Basarnas, dan masyarakat setempat, melakukan upaya pencarian intensif terhadap Ikbal (28), warga Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, yang dilaporkan tenggelam di Sungai Koromposo, Desa Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Jumat 12/07/2024.

Pencarian korban tenggelam tersebut dipimpin oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang menerjunkan personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi Tengah.

Korban bernama Ikbal, warga Desa Sirenja Pante Barat, berusia sekitar 28 tahun, bekerja sebagai penarik kayu olahan (bantalan) di wilayah Sulewana.

Tim SAR Brimob yang dipimpin oleh Ipda Faouhahaudodo Bu’ulolo mengatakan insiden tersebut terjadi pada waktu magrib saat korban sedang berjalan dengan sapinya yang membawa kayu.

“Ketika sampai di dekat jembatan penyeberangan, sapi tersebut mengarah ke sungai dan terhanyut bersama muatan kayu. Ikbal sempat melompat ke sungai untuk menyelamatkan sapinya, naas, korban juga ikut terbawa arus,” terangnya.

Ia juga mengatakan dalam pencarian tersebut pihaknya melibatkan sepuluh personel Brimob terlatih.

“Sejak hari pertama, mereka berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyusun strategi pencarian yang efektif. Dalam enam hari pencarian, tim gabungan melakukan penyisiran di sepanjang pinggir Sungai Koromposo, menghadapi medan yang sulit dan arus yang deras,” jelasnya.

Meski telah berupaya maksimal, lanjut Ipda Faouhahaudodo, hingga hari keenam korban belum juga ditemukan. Setelah melakukan evaluasi dan koordinasi dengan pihak keluarga, diputuskan untuk menghentikan sementara pencarian.

Ipda Faouhahaudodo juga menyampaikan bahwa pihaknya akan tetap siaga dan siap melanjutkan pencarian jika ada perkembangan baru.

Kabag Ops Satbrimob Polda Sulteng, Kompol M. Iliyas, Amd.Kom, menegaskan tim SAR Kompi 4 Batalyon B Pelopor akan tetap standby sebagai bagian dari program Brimob Madago Respon, untuk mengantisipasi permintaan warga yang mungkin membutuhkan bantuan evakuasi jika korban ditemukan.

Sementara itu, keluarga korban juga sangat berharap adanya keajaiban yang dapat membawa Ikbal kembali.

Hingga berita ini diturunkan, meskipun upaya pencarian dihentikan sementara, semua pihak tetap siaga dan siap melanjutkan pencarian jika diperlukan.(fn)