BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Satgas Preemtif Operasi Patuh Tinombala 2024 Gelar Police Goes To School di SMP Al Khairaat 1 Palu

Tribratanews, Palu – Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2024, Satuan Tugas (Satgas) Preemtif yang dipimpin oleh ketua tim, AKP Nurfaida, melaksanakan kegiatan Police Goes To School, Sabtu 20/07/2024 pagi, di SMP Al Khairaat 1 Palu.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lalu lintas di kalangan pelajar itu dimulai dengan memberikan materi dan sosialisasi terkait dengan tugas-tugas Polisi Lalu Lintas.

AKP Nurfaida menjelaskan peran dan tanggung jawab Polisi Lalu Lintas dalam menjaga ketertiban di jalan raya, serta pentingnya mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya demi keselamatan bersama.

Selain itu, AKP Nurfaida juga menyampaikan sosialisasi mengenai pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala. Dimana Operasi Patuh Tinombala 2024 telah memasuki hari kelima, yang dimulai sejak tanggal 15 Juli hingga 19 Juli 2024, dengan tujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas serta kecelakaan di wilayah Sulteng.

Operasi Patuh Tinombala sendiri, lanjut AKP Nurfaidah, memiliki sepuluh target utama dalam penindakan pelanggaran, yang meliputi penggunaan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan sabuk pengaman, larangan menggunakan handphone saat berkendara, serta berbagai pelanggaran lainnya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

AKP Nurfaida juga memberikan larangan tegas kepada siswa dan siswi untuk tidak mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Ia menekankan pentingnya peran guru dalam mengawasi anak didik agar tidak keluar sekolah pada saat jam pelajaran berlangsung.

“Kami berharap para guru dapat bekerja sama dengan orang tua murid untuk mencari solusi terkait penggunaan sepeda motor oleh siswa ke sekolah,” ujar AKP Nurfaida.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono, mengatakan kegiatan semacam ini sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran lalu lintas di kalangan pelajar, serta mendukung tercapainya tujuan Operasi Patuh Tinombala 2024.

“Keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Dengan edukasi yang baik, seperti Police Goes To School ini, kita bisa menurunkan angka kecelakaan dan menciptakan lalu lintas yang lebih aman,” pungkas Kabid Humas.(fn)