BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Kabag Ops Polresta Palu Bawakan Materi Penting Lewat Bimbingan Teknis Potensi Pelanggaran Pilkada 2024 di Kota Palu.

Polresta Palu,– KPU Kota Palu menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis potensi pelanggran Pilkada kepada PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS ( Panitia Pemungutan suara) Se-Kota Palu, di Hotel Best Western Jl. Basuki Rahmat Palu, Pada Sabtu, (27/7/2024). Acara ini bertujuan memantapkan keberhasilan dalam menghadapi pengamanan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dan Walikota/Wakil Walikota di Wilayah Kota Palu, Kompol romy, S Gafur, S.H., M.H., Selaku Kabag Ops Polresta Palu memberikan materi yang sangat penting.

Dalam materinya, Kabag Ops menyoroti kesiapan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “Mantap Praja Tinombala 2024” dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 di wilayah Kota Palu. Operasi ini mencakup berbagai aspek mulai dari pendaftaran, penerimaan, seleksi PPK dan PPs, Penyusunan DPT, Hingga penanganan berita hoaks di media sosial dan memastikan netralitas penyelenggara pemilu serta institusi keamanan.

Kabag Ops juga menyoroti beberapa potensi gangguan yang dapat terjadi selama pilkada, di antaranya :

1. Potensi Gangguan : Pendaftaran yang bermasalah, seleksi PPK dan PPS, penyusunan DPT, serta penyebaran berita hoax di media sosial.

2. Ambang Gangguan : Kemungkinan calon yang tidak lolos pendaftaran atau verifikasi, kampanye di luar jadwa, politik uang, dan kecurangan dalam perhitungan suara.

3. Gangguan Nyata : Penggelembungan daftar pemilih tambahan, sabotase atau peerusakan, teroro atau intimidasi terhadapt petugas dan penyelenggara pemilu, bentrok antar massa pendukung, kampanye terselubung, pelibatan anak-anak dalam kampanye, kampanye hitam, serangan fajar, isu SARA dan Unjuk Rasa yang Anarkis di Pilkada 2024.

Romy juga menekankan pentingnya kerjasama dai semua pihak, Mulai Kepolisian, TNI, Instansi terkasit,dan Mitra Kamtibmas lainnya dalam melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan. Operasi ini akan berlangsung selama 125 hari dengan jenis operasi pemeliharann yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta didukung penegakan hukum, humas dan bantuan operasi.

Harapannya, situasi kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah hukum polresta palu dapat terwujud sehingga seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan aman, tertib dan lancar.Dengan demikian, , masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan tengan dan terbebas dari ras takut akan ancaman dalam bentuk apappun, ujarnya.

Melalui bimbingan tknis ini, Kabag Ops Polresta Palu berharap semua peserta yang haddir memahami pentingnya materi yang sudah di berikan agar siapa menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul selama pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kota Palu, Tutupnya.