Uncategorized

Satgas Madago Raya Intensifkan Sambang Kamtibmas di Empat Wilayah Poso

Poso – Upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif, Satgas III Preventif Ops Madago Raya melalui empat pos kamtibmas yang tersebar di wilayah Tamanjeka, Masamba, Tabalu, dan Kalora di Kabupaten Poso, melaksanakan kegiatan sambang ke rumah-rumah warga di wilayah operasi, Minggu (11/8/2024).

Kegiatan sambang ini merupakan salah satu upaya Satgas III Preventif Ops Madago Raya untuk mempererat hubungan antara aparat keamanan dan masyarakat, serta mendeteksi dini potensi gangguan kamtibmas di wilayah yang rawan.

Dalam kegiatan ini, personel dari masing-masing pos kamtibmas secara aktif mendatangi rumah-rumah warga untuk berdialog dan mendengarkan langsung aspirasi serta keluhan masyarakat.

Kasubsatgas Humas Ops Madago Raya, AKP Basirun Laele, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif di tengah masyarakat.

“Sambang ke rumah-rumah warga adalah langkah penting dalam upaya kami untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, serta memastikan bahwa mereka merasa aman dan terlindungi. Kami juga ingin mengetahui secara langsung permasalahan yang ada di lapangan sehingga bisa segera diambil tindakan yang tepat,” ujar AKP Basirun Laele.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan sambang ini difokuskan pada upaya pencegahan terhadap tindakan kriminal dan potensi gangguan kamtibmas lainnya, terutama di wilayah yang pernah mengalami konflik.

“Kami mengedepankan pendekatan persuasif dan dialogis dalam menciptakan situasi yang damai dan harmonis di Kabupaten Poso,” tambahnya.

AKP Basirun Laele menyebut, dalam kegiatan sambang, personel Satgas III juga memberikan imbauan kepada warga agar tetap waspada terhadap upaya provokasi dan paham-paham radikal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

“Warga diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan hal-hal yang mencurigakan atau berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,” ungkapnya.

Warga yang disambangi menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi kehadiran Satgas III Preventif Ops Madago Raya di tengah-tengah mereka. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Dengan kegiatan sambang ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Poso semakin merasa aman dan terlindungi, serta tercipta kerja sama yang baik antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menjaga kamtibmas.