BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Sigi Gelar Simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota)

Tribratanews, Sigi, – Kepolisian Resor (Polres) Sigi menggelar Simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Sigi, bertempat di lapangan sepak bola Polres Sigi Desa Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Rabu (21/8/2024). 

Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak S.H., S.I.K., M.H. mengatakan kegiatan Simulasi Sispamkota ini melibatkan 380 personel, yang terdiri dari Polres Sigi 318 personel, serta TNI, Satpol PP dan Damkar Sigi, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sigi. 

Adapun skenario Simulasi Sispamkota ada beberapa poin yakni Simulasi patroli dan strong point rutin oleh personel Polres Sigi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa TNI. 

Kemudian simulasi penjemputan logistik Pilkada yang dikawal menuju gudang logistik KPU Kabupaten Sigi yang mendapat halangan pohon tumbang di perjalanan.

Simulasi pengamanan saat kampanye dan penanggulangan ancaman kepada Calon Bupati  oleh personel pengamanan VVIP Polres Sigi.

Simulasi tahapan masa tenang dimana personel Polres Sigi dan TNI melakukan pengamanan terhadap personel Bawaslu dibantu Pol PP dalam melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan penanggulangan adanya gangguan.

Kemudian Simulasi pengamanan tahapan pemungutan suara serta penanggulangan gangguan di TPS, dan terakhir simulasi pengamanan pada tahapan pelantikan calon bupati dan calon bupati terpilih, yang diwarnai aksi unjuk rasa yang berujung anarkis. 

Lanjut Kapolres mengatakan diharapkan dengan pelaksanaan Simulasi Sispamkota ini personel Polri, TNI dan stake holder terkait dapat memahami gambaran cara bertindak sesuai prosedur dalam pengamanan di setiap tahapan Pilkada Serentak 2024.

Lebih lanjut Kapolres berpesan kepada anggota Polres Sigi untuk tidak terlibat dalam politik praktis selama Pilkada berlangsung, dengan tetap fokus pada tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Bagi masyarakat khususnya Kab. Sigi mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di desa masing-masing, agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif menjelang Pilkada Serentak 2024,”

“Jangan mudah percaya ataupun terpengaruh terhadap berita ataupun isu-isu hoax, yang belum pasti kebenarannya, terutama yang terkait Pilkada 2024,” imbau Kapolres.

Nampak hadir dalam kegiatan Simulasi tersebut Kasat Pol PP dan Damkar Sigi mewakili Bupati Sigi, Pabung Sigi Kodim 1306 KP, DPRD Sigi, serta perwakilan Kabinda Sulteng, perwakilan KPU Sigi, Ketua Bawaslu Sigi, Kaba Kesbangpol Sigi, Kadis PMD Sigi, dan perwakilan Pengadilan Negeri Donggala. (ab)