Uncategorized

Siap Amankan Pilkada 2024, Polres Poso Gelar Latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Poso – Polres Poso Sulawesi Tengah menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2024 bertempat di Lapangan Sintuwu Maroso (Alun-alun Kota Poso), Kelurahan Gebangrejo Timur Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso, Rabu(21/08/2024).

Kapolres Poso AKBP Arthur Sameaputty, S.I.K., menjelaskan bahwa Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dirancang untuk mengelola dan mengamankan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten/Kota (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Poso.

“Tujuan utama dari Simulasi ini adalah untuk melatih kesiapan baik siap personil, siap logistik maupun peralatan serta siap kemampuan, sehingga dalam pelaksanaan tugas baik aparat Kepolisian, TNI dan semua unsur terkait mereka mampu menangani situasi dilapangan nantinya,” kata Kapolres.

Dalam Simulasi tersebut, beberapa elemen penting seperti Pengendalian Massa (Dalmas) Awal, Dalmas Lanjut, Negosiator, dari Satuan Samapta Polres Poso. Mereka dilatih untuk menghadapi potensi gangguan selama Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Poso, termasuk Pendistribusian Logistik, Masa Kampanye, Pemungutan Suara, hingga penetapan pemenang.

“Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada. Titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan Pengamanan Kami,” tambah Kapolres.

Simulasi ini diharapkan dapat memperkuat kesiapsiagaan dan efektivitas Pengamanan selama Pilkada 2024, serta mencegah terjadinya kerusuhan yang dapat mengganggu jalannya Pilkada di Kota Poso.