BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Proses Mediasi Sengketa Lahan Kebun Oleh Bhabinkamtibmas Polsek Toili

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Toili Aipda Hadi Wibowo turun tangan. Ia memediasi sengketa lahan kebun warga di Kecamatan Toili, Banggai. Proses mediasi pada Rabu (4/9/2024) pukul 09.00 Wita itu berakhir damai.

Sengketa perbatasan tanah kebun itu melibatkan dua warga, JP warga Desa Samalore, Toili dan ME warga Desa Toili, Moilong. Lahannya terletak di perkebunan KM 25 Desa Samalore.

Aipda Hadi mengaku, permasalahan seperti ini sering terjadi. Bahkan sangat rentan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan, baik itu kelompok maupun perorangan.

“Pemecahan masalah sengketa lahan dilakukan dalam bentuk musyawarah untuk mufakat agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan dari mediasi dengan melibatkan pemerintah Desa Samalore dan Babinsa, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa batas lahan dengan kekeluargaan.

“Keduanya sepakat damai dengan menyepakati batas-batas lahan sesuai dengan hasil mediasi, dan selanjutnya dilakukan pematokan dilokasi,” tutup Bhabin.*HumasPolresBanggai