GeneralLatestNewsSATBRIMOB

Siap Songsong Indonesia Emas 2045, Pasukan Pelopor Satbrimob Sulteng Gelorakan Semangat Wajracyena di HUT ke-65

Tribratanews, Sigi  – Memperingati HUT ke-65 Pasukan Pelopor, Satuan Brimob Polda Sulteng menggelar acara syukuran di Mako Batalyon A Pelopor, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/9/2024)

Mengusung tema “Dengan skill, spirit dan stamina Pelopor, Kami siap melakukan yang terbaik untuk NKRI guna menyongsong Indonesia Emas 2045”. Acara ini dihadiri oleh Dansatbrimob Polda Sulteng Kombes Pol Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si., beserta seluruh Pejabat Utama (PJU) Satbrimob Polda Sulteng, personel Batalyon A Pelopor, Detasemen Gegana, serta staf Mako Satbrimob Polda Sulteng.

Dansatbrimob Polda Sulteng dalam sambutannya menekankan pentingnya semangat Wajracyena sebagai pedoman dalam menjalankan tugas-tugas Pelopor. 

“Saya berharap setiap personel Pasukan Pelopor menjadikan semboyan Wajracyena sebagai panduan dalam menghadapi ancaman kejahatan berintensitas tinggi. Terutama di masa Pilkada saat ini, penting untuk menjaga kesehatan, soliditas, dan terus mengasah kemampuan untuk kesuksesan tugas ke depan,” ungkapnya.

Pasukan Pelopor, yang terbentuk pada tahun 1955, merupakan bagian elit dari Korps Brigade Mobil. Pada masa itu, Presiden Soekarno memberikan penghargaan atas kontribusi besar mereka bagi negara. 

Pasukan ini kemudian diubah dari Rangers menjadi Pelopor berdasarkan Surat Keputusan Men/Pangak No. Pol. :32/XI/1964. Semboyan Wajracyena, dengan simbol petir menggelegar, melambangkan gerakan cepat dan tangguh dalam menghancurkan kejahatan.

“Saya sampaikan salam kepada seluruh insan Wajracyena di Satuan Brimob Polda Sulawesi Tengah, tetaplah menjadi Pasukan Pelopor sejati yang menggelorakan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara,” lanjut Dansatbrimob Polda Sulteng.

Acara yang berlangsung di fasilitas latih Mako Batalyon A Pelopor ini diikuti dengan antusiasme tinggi oleh seluruh personel Brimob Sulteng, termasuk personel dari Batalyon A Pelopor, Detasemen Gegana, serta staf Mako Satbrimob Polda Sulteng.

Selain di Sigi, kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa wilayah. Di Morowali, syukuran HUT Pelopor dipimpin oleh PS. Wadanyon C Pelopor, AKP Sudirman, S.H., di Mako Batalyon C Pelopor, Bente, Kec. Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Acara ini dihadiri oleh Danki 1, Danki 2, Danki 3 Batalyon C Pelopor, dan staf jajaran Batalyon C Pelopor.

Sementara itu, di Poso, acara syukuran HUT Pelopor direncanakan akan berlangsung malam ini di Mako Batalyon B Pelopor, Jl. Jend. Sudirman No. 19, Kasintuwu, Kec. Poso Kota Utara, Kabupaten Poso.

Dengan rangkaian peringatan yang tersebar di berbagai daerah, Pasukan Pelopor Brimob terus menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Indonesia.