BID HUMASSATKER

Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas dan Fungsi Intelijen

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko membuka kegiatan peningkatan kemampuan (katpuan) Bhabinkamtibmas dan fungsi Intelijen Keamanan (Intelkam) jajaran Polda Sulteng, di Sriti Convention Hall Palu, Kamis (19/9/2024).

Pada kegiatan itu, Polda Sulteng juga menghadirkan pemateri eksternal, di antaranya Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulteng , Prof. Dr. Zainal Abidin dan Dekan FISIP Untad,  Prof. Dr. Muh Khairil.

Membacakan sambutan Kapolda Sulteng, Wakapolda menyampaikan peran Bhabinkamtibmas dan fungsi intelijen sangat dibutuhkan, dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas).

“Tetaplah bersinegri dengan tiga pilar seperti Babinsa, Lurah atau Kades dan Bhabinkabtibmas,” pinta Wakapolda.

Secara khusus, Wakapolda menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini, berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

“Pilkada tahun ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Tentu saja, tingkat potensi kerawanan akan lebih tinggi, sebab para paslon (pasangan calon) memiliki hubungan emosional yang kuat dengan pendukungnya,” ucap Wakapolda.

Oleh karena itu, pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun ini, ia memerintahkan kepada seluruh jajaran agar setiap personel lebih peka terhadap setiap gejala sosial, atau potensi konflik yang timbul di tengah masyarakat.

“Bhabinkamtibmas agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, jadilah sahabat setia masyarakat, sehingga masyarakat akan merasa selalu diayomi, dilindungi dan dilayani dengan baik,” pintanya lagi.

Sedangkan kepada fungsi intelijen, Wakapolda meminta agar selalu update dan cermati perkembangan situasi kamtibmas yang berkembang saat ini, baik permasalahan global, regional, nasional maupun lokal.

“Intelijen harus mampu memetakan dan memprediksi potensi ancaman, serta bekerja sama dengan fungsi kepolisian lainnya, guna mereduksi berbagai potensi ancaman,” tandas Wakapolda. (ab)