Uncategorized

Amankan Jalannya Pilkada, Polres Touna Terjunkan Personel Jadi Walpri Paslon, KPU dan Bawaslu

Touna – Dalam rangka menghadapi dinamika pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, Polres Touna menyiapkan 25 personil pengawal pribadi (Walpri) untuk pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, Kepala KPU Touna dan Kepala Bawaslu Touna.

Sesuai dengan jadwal, KPU Touna akan melaksanakan pengambilan nomor urut dan menetapkan secara resmi pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada Senin (23/09/2024) pukul 14.00 Wita siang.

Sebelum pelaksanaan penetapan dan pengambilan nomor urut, siang tadi sekitar pukul 11.30 Wita Kapolres Touna AKBP Ridwan J.M. Hutagaol, S.I.K., S.H. memberikan arahan kepada para personil akan menjadi Walpri.

Dalam arahannya, Kapolres Touna AKBP Ridwan J.M. Hutagaol, S.I.K., S.H. menekankan untuk belajar bagaimana menjadi Walpri yang benar. Dia juga berpesan kepada personil Walpri untuk membawa dan menjaga nama baik Polri.

“Kalian juga nanti akan dilengkapi dengan senjata api, jadi harus waspada dalam penggunaannya,” pesan Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kabag SDM AKP Muh. Natsir, S.H. yang hadir mendampingi Kapolres juga memberikan arahan kepada para personil Walpri. Dia mengingatkan kepada para personil Walpri untuk menjaga kedisiplinan.

“Jaga kedisiplinan ketika bertugas mendampingi atau mengawal para paslon. Terus lakukan koordinasi dengan Polres serta jaga loyalitas dan netralitas. Ingat jati diri kita adalah Polri,” pesan AKP Natsir.

Baca Juga

Wujud Nyata Kehadiran Polri Di Tengah Masyarakat, Polres Touna Lakukan Strong Point

Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-69, Kapolres Touna Resmikan Penggunaan Bak Air Bersih Di Desa Tampanombo

Pengawal pribadi nantinya akan melakukan pengawalan melekat selama 24 jam penuh. Baik itu kepada paslon maupun komisiner Bawaslu dan KPU. Khusus cabup perempuan, nantinya akan dikawal personil Polwan.

Untuk diketahui, para personil Walpri ini sebelumnya telah mengikuti pelatihan di Polda Sulteng berapa waktu lalu. Pelatihan ini merupakan bagian dari Ops Mantap Praja Tinombala 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada di Sulawesi Tengah.

Dalam pelatihan tersebut mereka mengikuti berbagai tes, termasuk tes psikologi dan menjalani pelatihan yang mencakup kemampuan menembak, bela diri, proteksi VIP, serta pelatihan fisik lainnya.