BID HUMASHUKUMNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Si Dokkes Polresta Palu Cek Kesehatan Tahanan Polresta Palu: Langkah Proaktif Jaga Kesehatan di Balik Jeruji.

Polresta Palu – Dalam upaya menjaga kesehatan tahanan yang berada di dalam rumah tahanan Polresta Palu, Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Si Dokkes) Polresta Palu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan. Pemeriksaan ini dilaksanakan secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan mereka tetap terpantau, terutama di tengah berbagai potensi risiko penyakit yang bisa terjadi dalam lingkungan tertutup seperti rutan.

Pada Jumat,  4 Oktober 2024, Personel Si Dokkes Polresta Palu melaksanakan pengecekan kesehatan kepada para tahanan. Pemeriksaan ini meliputi pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, serta pemeriksaan fisik umum guna mendeteksi kemungkinan adanya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

“Pemeriksaan rutin seperti ini sangat penting dilakukan, terlebih di tengah kepadatan ruang tahanan yang bisa meningkatkan risiko penularan penyakit. Dengan demikian, kami bisa lebih dini menangani dan mencegah munculnya masalah kesehatan yang lebih serius,” ujar Personel Si Dokkes Briptu Zainal Abdi, S.Kep., Ns.

Pemeriksaan kesehatan ini juga menekankan pada pentingnya tindakan preventif dalam mencegah penyebaran penyakit menular di antara para tahanan. Mengingat lingkungan tahanan yang terbatas, Tim Dokkes memastikan setiap tahanan mendapatkan pemantauan kesehatan yang optimal.

Sebanyak 50 tahanan diperiksa dalam sesi kali ini. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa mayoritas tahanan dalam kondisi sehat, meski ada beberapa yang mengalami keluhan ringan seperti batuk, demam, dan kelelahan. Terhadap tahanan yang menunjukkan gejala penyakit, Tim Dokkes segera memberikan penanganan awal berupa pemberian obat-obatan yang di perlukan maupun obat yang di berikan oleh keluarga Tahanan.

“Kami tidak hanya fokus pada aspek penegakan hukum, tetapi juga kesehatan para tahanan. Mereka memiliki hak atas kesehatan yang sama seperti warga lainnya. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin ini menjadi komitmen kami dalam memberikan layanan yang terbaik,” tambah Kasat Tahti Polresta Palu, Ipda Umar Lahabe

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya Polresta Palu untuk menjaga standar pelayanan bagi para tahanan, termasuk dalam hal kesehatan dan kebersihan lingkungan rutan. Selain pemeriksaan medis, Polresta Palu juga mengadakan penyuluhan mengenai kebersihan diri serta menjaga kesehatan di dalam tahanan.

Tahanan yang memiliki riwayat penyakit tertentu juga mendapatkan pemantauan lebih intensif dan diberikan perhatian khusus agar kesehatannya tetap terjaga. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit dan memastikan bahwa para tahanan tetap dalam kondisi fisik yang baik selama masa penahanan.

Upaya preventif semacam ini juga diharapkan bisa membantu mencegah terjadinya kejadian darurat kesehatan yang dapat mengganggu proses hukum yang tengah dijalani oleh para tahanan. Dengan adanya pemeriksaan rutin, setiap permasalahan kesehatan dapat diantisipasi lebih awal sehingga tahanan tetap bisa mengikuti proses hukum dengan kondisi yang sehat.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, terutama keluarga para tahanan, yang merasa lebih tenang dengan adanya perhatian terhadap kesehatan orang-orang tercinta mereka selama dalam tahanan.