BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

HUT Polwan Ke 76, Berikut Pesan Kapolda Sulteng

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., menghadiri acara syukuran dalam rangka memperingati hari jadi Ke-76 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia (RI) Tahun 2024, Kamis 03/10/2024, diaula Torabelo Polresta Palu.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, S.I.K, Irwasda Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, Kapolresta Palu serta para Kapolres jajaran dengan mengikuti melalui zoom meeting.

Selain itu juga dihadiri oleh ibu Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng yang diwakili oleh wakil Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Sulteng Ny Santi Asep, dan segenap pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng, Komisioner Kompolnas RI Ibu Poengky Indarti, S.H,. LLM, para Purnawirawan Polwan, serta seluruh Polwan jajaran Polda Sulteng.

Kapolda Sulteng dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat hari jadi Polisi Wanita atau Polwan yang ke- 76 kepada seluruh personel Polwan di seluruh jajaran Polda Sulteng.

“Semoga Polwan semakin jaya dan tetap konsisten di dalam mengabdi untuk Negeri,” harapnya.

Peringatan hari jadi Polwan yang ke-76 mengusung tema “Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Hal ini mencerminkan peran penting Polwan dalam mendukung pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Kapolda juga berharap kedepan Polwan dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya, untuk  mensukseskan pencapaian visi misi Polri guna mewujudkan Polri yang presisi, profesional, modern dan terpercaya.

Kapolda mengungkapkan beberapa Polwan Polda Sulteng telah banyak memberikan kontribusi positif melalui prestasinya baik di tingkat daerah, tingkat nasional bahkan international.

“Dalam catatan saya beberapa Polwan yang berprestasi tersebut diantaranya adalah Ipda Anita Wayong dari Satker Ditsamapta, Bripka Alfin Nancy Tanauma dari Polres Sigi, Bripda Faradila Ar Wida dari Ditpamobvit, dan Bripda Jofanny Septi Natalia Samauling dari Spripim,” ungkapnya.

Masih kata Kapolda, Ipda Anita Wayong saat ini sedang mengemban tugas sebagai individual Police Officer (IPO) tahun 2024 pada misi perdamaian di Republik Afrika Tengah atau biasa disebut Minusca, Bripka Alfin Nancy Tanauma mendapatkan penghargaan Hoegeng Award Tahun 2024 atas dedikasinya dalam memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak yang menjadi korban kejahatan.

Lebih lanjut, Bripda Faradila Ar Wida salah satu Polwan berprestasi dibidang beladiri taekwondo, terakhir diberi kepercayaan mewakili Garbha Presisi Polri di kejuaraan nasional Piala Pangkostrad 2024 dan meraih medali perunggu atau juara 3, dan terakhir Bripda Jofanny Septi Natalia Samauling Juara I Karate Kapolri Cup 2024 dan mendapatkan medali emas dari Bapak Kapolri.

“Prestasi-prestasi tersebut tidak hanya mencerminkan kemampuan individu, tetapi juga merupakan kontribusi positif Polwan dalam meningkatkan citra Polri di mata masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, beberapa Polwan Polda Sulteng juga menduduki jabatan strategis seperti Kapolsek Mantikulore, Kapolsek Mori Atas, Kasat Binmas Polres Donggala dan juga beberapa jabatan strategis lainnya.

Semua capaian tersebut mencerminkan besarnya kontribusi Polwan dalam mendukung keberhasilan Polri dalam melaksanakan tugas pokok dan tugas fungsinya serta meraih kepercayaan dari masyarakat.

“Kedepan diharapkan Polwan untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas Polri secara profesional, proporsional transparan dan akuntable dalam melaksanakan tugas sebagai insan Bhayangkara, guna memenuhi tuntutan masyarakat modern saat ini,” pungkasnya.(fn)