BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Buka Latpraops Zebra Tinombala 2024, Berikut Pesan Kapolda Sulteng

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., yang diwakili Irwasda Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K., M.H menghadiri sekaligus membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Tinombala-2024, Jumat 11 Oktober 2024 pagi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Rupatama, dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam laporan ketua panitia Plt. Wadir Lantas, AKBP Hasannudin mengatakan adapun tujuan kegiatan Latpraops ini yakni untuk meningkatkan kesiapan para personil yang terlibat di bidang keterampilan, sikap dan pengetahuan, sebagaimana penjabaran tugas operasional sehingga dapat memberikan pemahaman yang utuh terhadap cara bertindak teknis dan taktis di lapangan serta pada akhirnya dapat membangun citra Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Selain itu, lanjut Plt Wadirlantas, untuk memantapkan koordinasi, komunikasi, kerjasama dan sinergitas fungsi operasional Polri khususnya secara internal pada fungsi lalu lintas dan secara eksternal antara Kepolisian dengan segenap unsur terkait lainnya.

“Melaksanakan pengecekan terhadap berbagai sarana dan prasarana pendukung kegiatan revitalisasi penerapan Kawasan Tertib Lalulintas guna menciptakan lokasi pemenggalan jalan yang tertib marka, rambu, parkir, serta pengguna jalan, seperti perlengkapan perorangan maupun peralatan lainnya agar dapat diketahui kekurangannya sehingga dapat dilengkapi, diperbaiki dan dipersiapkan secara dini,” ujarnya.

Sementara itu, Irwasda dalam kesempatan tersebut mengatakan, operasi terpusat dengan sandi kewilayahan Operasi Zebra Tinombala 2024 yang diawali dengan kegiatan latpraops ini merupakan salah satu operasi Kepolisian dengan mengedepankan fungsi lalu lintas, untuk menekan angka pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya serta menguji sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat tentang peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Operasi ini merupakan kontrol Polisi Lalu-Lintas terhadap upaya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu-lintas. Oleh sebab itu, pelaksanaan latihan pra operasi ini penting dilaksanakan guna memastikan kesiapan personel, menyamakan persepsi, pola tindak dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para petugas dilapangan sehingga memperoleh hasil yang maksimal,” ucapnya.

Irwasda juga mengungkapkan adapun sasaran Operasi Zebra Tinombala-2024 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Pola tindak dalam operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis yang didukung dengan penegakkan hukum secara elektronik baik statis maupun mobile serta memberikan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelasnya.

Irwasda juga menekankan kepada seluruh personel yang terlibat agar manfaatkan pelatihan ini dengan maksimal dan pahami materi-materi yang akan disampaikan oleh narasumber maupun instruktur sehingga pada saat pelaksanaan tugas, personil dapat berperan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Ia juga menambahkan agar personel yang terlibat melakukan sosialisasi, penyuluhan dan edukasi melalui pemasangan spanduk, banner, baliho dan stiker baik melalui media cetak, media elektronik maupun media sosial untuk membangun kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu lintas.

“Lakukan counter opini positif terhadap berita-berita hoaks yang tersebar di media sosial dan media online terkait pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala-2024. Petakan kembali lokasi kerawanan yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas sebelum pelaksanaan operasi. Kepada seluruh kasatgas dan kasatgasres agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan terobosan baru guna mendukung kelancaran operasi ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Operasi Zebra Tinombala 2024 akan digelar selama 14 hari kedepan, dimulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 mendatang.(fn)