LatestNewsPOLRESPOLRES SIGI

Kolaborasi Pencegahan Radikalisme, Satgas Madago Raya Gandeng Kemenag Sigi

Tribratanews, Sigi – Satgas II Preemtif Operasi Madago Raya melaksanakan silaturahmi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sigi, Ustadz Lutfi Yunus, S.Pi., M.Pd. Kegiatan ini bertempat di Kantor Kemenag Kabupaten Sigi, Jalan Poros Sigi Kulawi, Kecamatan Dolo, Senin (14/10/2024).

Silaturahmi ini merupakan bagian dari upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dalam pertemuan tersebut, sejumlah personil yang hadir antara lain Aiptu Rahmat Jafar, Aiptu Rasul, Aiptu Andi Agustiar, dan Brigadir Farid Wajdi.

Dalam kesempatan tersebut, personel Satgas II Preemtif menyampaikan beberapa poin penting kepada Kakan Kemenag. Pertama, mereka menjelaskan bahwa Operasi Madago Raya adalah kegiatan kewilayahan Polda Sulawesi Tengah yang menyasar empat wilayah di provinsi, termasuk Kabupaten Sigi.

Selanjutnya, mereka meminta dukungan dari Kakan Kemenag dalam program-program Satgas II Preemtif, seperti kegiatan katpuan bagi imam masjid, pegawai syara’, pendeta, dan rohaniawan Kristen, serta calon da’i dan da’iyah.

Penguatan moderasi beragama dan implementasi Islam washatiyah juga menjadi fokus diskusi, di mana personil Satgas II Preemtif menekankan pentingnya peran Kemenag dalam pencegahan paham radikalisme dan intoleransi.

Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Sigi, mereka juga menyerukan perlunya kolaborasi dalam menjaga stabilitas Kamtibmas, menghindari praktik black campaign, money politics, serta isu primordialisme.

Kegiatan silaturahmi mendapat respon positif serta ucapan terima kasih dari Kakan Kemenag kepada personil Satgas II Preemtif Ops Madago Raya, yang berharap agar kunjungan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Dengan langkah ini, diharapkan sinergi antara aparat keamanan dan instansi agama dapat semakin kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sigi.