POLRES BANGGAI

Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Berhasil Mediasi Permasalahan Limbah Ternak Ayam

Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aiptu Alim Syaifudin melaksanakan mediasi masalah kendang ayam yang limbahnya tersebut menggangu pemukiman warga sekitar sehingga menyebabkan selisih paham, Selasa (7/2/2023) pukul 10.30 Wita.

Permasalahan ini bermula, dimana kandang ternak ayam milik Arifin Bina yang berdempetan dengan dapur milik Haliyance di Kelurahan Kaleke Kecamatan Luwuk. Sehingga meresahkan dengan adanya bau busuk dan lalat dari limbah kotoran ayam tersebut masuk sampai ke tempat masak dan ruang makan.

Mendengar keluhan tersebut, Bhabinkamtibmas bersama Kasi Trantib Kelurahan Kaleke memediasi kedua belah pihak, dan setelah diberi pengertian, mereka sepakat untuk berdamai.

“Bahwa perlunya persamaan persepsi dari kedua belah pihak, dalam hidup bertetangga selalu mengedepankan sanitasi bersih lingkungan dan utamakan hubungan baik antar sesama,” ujar Aiptu Alim.

“Agar diselesaikan secara kekeluargaan dan perlu adanya komunikasi yang bai kantar keduanya,” sebut Alim.

Hasil mediasi disepakati bahwa pemilik kandang ayam tersebut bersedia membongkar dan memindahkan kendang ayam dan berjanji akan mengurangi bau limbah kotoran dan lalat dengan cara rutin membersihkan kandangnya.