BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Polres Morut Gelar Donor Darah, Sambut Hari Bhayangkara Ke 76

Morowali Utara, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Menyambut Hari Bhayangkara ke – 76 Tahun 2022, yang jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang, Polres Morowali Utara (Morut) mengadakan kegiatan donor darah, Kamis (16/07/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Polres Morut dengan melibatkan tim Dokkes Polres Morut dan dibantu dari Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Morowali Utara.

Selain itu juga diikuti personel dari Polsek Petasia, Polsek Lembo dan Polsek Mori Atas serta personel Brimob Subden IV/B Por Morowali Utara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini.

Tampak kantong demi kantong darah mulai terkumpul satu per satu guna membantu mereka yang membutuhkan transfusi darah dalam kondisi tertentu.

“Sebagaimana kita ketahui darah sangat penting bagi kelangsungan kehidupan manusia, darah sangat penting dan sangat dibutuhkan ketika seseorang mengalami pendarahan, salah satunya korban kecelakaan lalulintas,” tutur AKBP Ade Nuramdani, S.H, S.I.K., M.M selaku Kapolres Morut.

Kapolres Morut menjelaskan bahwa untuk membantu ketersediaan stock darah di Kabupaten Morut serta dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 76, Polres Morut menggelar kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini, dalam pelaksanaannya dilakukan oleh personel Si Dokkes Polres Morut dan dibantu oleh Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Morut.

“Dan sebanyak 60 kantong darah berhasil terkumpul pada pelaksanaan kegiatan hari ini, kegiatan ini dipilih karena donor darah memiliki manfaat yang sangat besar, tidak hanya bagi penerima donor tapi juga bagi pendonor,” ujarnya.

Sementara itu, dilokasi yang sama Aipda Guntoro Eko Saputro, SKM selaku Paurkes Polres Morut menjelaskan berbagai manfaat dapat diperoleh dengan mengikuti donor darah.

“Donor darah sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis,“ jelasnya.

Namun, masih kata Paur Kes Polres Morut, tidak semua orang dapat melakukan donor darah, karena ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi.

“Kegiatan donor darah hari ini, kita berhasil mengumpulkan darah sebanyak 60 kantong darah, untuk golongan darah ”A” sebanyak 7 kantong, golongan darah “B” tujuh kantong, golongan darah “O” sebanyak 41 kantong dan golongan dari “AB” sebanyak 5 kantong.” terangnya.

Pihaknya juga mengharapkan dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan Polres Morut itu, dapat menambah stock pasokan darah di PMI Kabupaten Morowali Utara sehingga dapat membantu warga yang membutuhkan. (PS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *