BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Operasi Patuh 2024 Dimulai, Wakapolres Banggai Pimpin Apel Gelar Pasukan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Wakapolres Banggai Kompol Pino Ary SH, SIK, MH, memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Tinombala 2024 di halaman Mapolres Banggai, Senin (15/7/2024).

Apel ini dihadiri para Pejabat Utama (PJU), perwira Polres Banggai, Kadis Perhubungan, Dansub Denpom XII/2-3 LB dan para peserta upacara yang terdiri dari TNI/Polri dan Satpol-PP serta Dinas Perhubungan.

Pada kesempatan itu, Wakapolres membacakan amanat Kapolda Sulteng Irjen. Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH yang mengatakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di jalan raya, merupakan suatu hal yang mutlak dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya.

“Namun, pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi disebabkan oleh kelalaian masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pelanggaran dan kecelakaan ini terjadi salah satunya dikarenakan oleh rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang terkait lalu lintas, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis untuk mengatasinya.

“Operasi Patuh Tinombala-2024, dilaksanakan secara serentak selama 14 hari terhitung mulai tanggal 15 sampai dengan tanggal 28 Juli 2024,” sebutnya.

Ia menjelaskan, operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum lalu lintas secara elektronik (statis dan mobile) guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sebelum memulai operasi, perlu dilaksanakan gelar pasukan untuk mengetahui sejauh mana, kesiapan personel maupun sarana dan prasarana mampu mendukung operasi patuh tinombala 2024 dapat berjalan secara optimal dan berhasil sesuai dengan sasaran dan tujuan operasi,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, tujuan operasi Patuh Tinombala tahun 2024 ini adalah meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,
menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi polri.

“Dan terbentuknya opini serta citra positif tertib berlalu lintas, dalam mewujudkan situasi kamseltibcarlantas di wilayah Polda Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Diakhir amanat, dia berpesan, agar dapat melaksanakan kegiatan operasi dengan tulus dan ikhlas serta jadikan tugas ini sebagai ladang amal dan ibadah, lakukan deteksi dini dan deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan terkait kamseltibcarlantas, optimalkan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran lalu lintas, lakukan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etle statis dan mobile serta blanko teguran, laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcar lantas kepada seluruh elemen masyarakat secara intens sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Jangan melakukan pungli atau kkn dan hindari tindakan yang dapat menimbulkan komplain dari masyarakat, tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas guna mengantisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggungjawab,” tutupnya.**HumasPolresBanggai