Uncategorized

FKUB Sulteng dan Sulbar sinergi tingkatkan kualitas kerukunan

Palu, 12/8 (FKUBSultengNews) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah dan FKUB Provinsi Sulawesi Barat bersinergi untuk meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di dua provinsi tersebut.

Sekretaris FKUB Provinsi Sulteng Doktor Haji Muhammad Munif Aziz Godal, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin, menyatakan sinergi menjadi kata kunci untuk menoptimalkan dan menggencarkan upaya peningkatan kualitas kerukunan.

“Maka sinergi dengan FKUB Provinsi Sulawesi Barat menjadi satu upaya bersama yang sangat penting,” ujar Munif Godal, Senin (12/8).

Munif mengakui bahwa FKUB Sulawesi Tengah yang dipimpin oleh Ketua Profesor Kiai Haji Zainal Abidin telah menerima kunjungan studi banding pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Barat yang dipimpin oleh Sahabuddin Kasim dengan jajaran pengurusnya, di Kota Palu, Sabtu (10/8).

FKUB Sulteng, ujar Munif, memandang bahwa studi banding dan silaturahim pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Barat, merupakan satu komitmen besar dalam meningkatan kualitas kerukunan, yang diikutkan dengan penguatan kolaborasi antar Lembaga.

“Oleh karena itu, penguatan kolaorasi ini menjadi satu komitmen kebangsaan untuk keberlanjutan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Melalui penguatan kolaborasi ini, sebut Munif, FKUB Sulteng dan FKUB Sulawesi Barat bersama – sama akan melakukan pembinaan umat beragama di wilayah perbatasan antara Sulteng dengan Sulbar.

“Tentu pembinaan ini dilakukan dengan mengedepankan pendekatan moderasi beragama, demi menciptakan umat beragama yang moderat,” ucapnya.

FKUB Sulteng sangat aktif menyuarakan pentingnya membangun kerukunan dan toleransi antarumat beragama melalui pendekatan moderasi beragama.

Kampanye itu dilakukan melalui berbagai kegiatan sosial keagamaan, yang dalam teknisnya dikolaborasikan dengan pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan masyarakat.

“Kerukunan adalah ikhtiar merawat kebhinnekaan, menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya.*

Caption Foto 1: Sekretaris FKUB Provinsi Sulawesi Tengah Doktor Haji Muhammad Munif Aziz Godal menyerahkan piagam kepada pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Barat yang diterima oleh Ketua Sahabuddin Kasim, di Kota Palu, Sabtu (10/8).

Caption Foto 2: Foto bersama pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Tengah dengan penurus FKUB Provinsi Sulawesi Barat, di Kota Palu, Sabtu (10/8). (fn)