BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Karo SDM Buka Kegiatan Pembinaan Personel Polda Sulteng, Cegah dan Penanggulangan Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., yang diwakili oleh Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Kombes Pol Heru Budi Prasetyo, S.I.K membuka kegiatan pembinaan personel Polda Sulteng, Senin 12 Agustus 2024 pagi, di Swissbell Hotel Palu.

Kegiatan pembinaan tersebut dalam rangka untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan paham intoleransi, radikalisme dan terorisme dilingkungan Polda Sulteng.

Acara tersebut dihadiri pemateri diantaranya ketua FKUB Sulteng Prof Dr. Zainal Abidin, Psikolog Madya Biro Psi SSDM Polri Kompol Mukhamat Leberty Adi Surya, M.M, M.P.Psi M.H.PH,D Psikolog, dan Kasi Pencegahan Satgaswil Sulteng Densus 88 Anti Teror Kompol Sugiono, S.H, serta sejumlah pemateri lainnya.

Dalam kata sambutan Kapolda Sulteng yang dibacakan oleh Karo SDM mengajak kepada seluruh personel jajarannya bersama-sama bertekad untuk setia kepada Tri Brata, Catur Prasetya, Pancasila dan UUD 1945 serta pemerintahan yang sah.

Karo SDM juga mengingatkan sekaligus mengajak kepada seluruh personel Polda Sulteng agar mewaspadai penyebaran radikalisme dan intolerasi.

“Bahwa dinamika lingkungan strategis pada tatanan global dan regional senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, disatu sisi kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi merupakan potensi besar bagi seluruh bangsa indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, disisi lain, justru perkembangan teknologi dan informasi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan radikalisme dan juga intoleransi yang menyebabkan disintegrasi bangsa dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari bersama-sama kita senantiasa berdoa kepada Tuhan YME agar kita semua senantiasa dianugerahkan berkah, rahmat dan hidayah sehingga kita mampu bekerja dan berbakti kepada bangsa dan negara kita Indonesia yang kita cinta dan kita banggakan,” pungkasnya.(fn)