BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Peringati Maulid Nabi, Kapolda Sulteng: Teladani Akhlak Rasulullah Guna Mewujudkan Pilkada Aman dan Sukses

Tribratanews, Palu – Polda Sulawesi Tengah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M di Masjid Ar Rahman, Polda Sulteng, pada Kamis (19/9/2024) malam.

Mengusung tema “Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, Kita Tingkatkan Keimanan dan Kinerja guna Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2024 Aman dan Sukses”.

Peringatan Maulid dihadiri oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, Ketua dan pengurus PD Bhayangkari Sulteng, Habib Dr. Ali Hasan Al Jufri, selaku Pimpinan Pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi Dolo serta anak yatim piatu panti asuhan Al Mursalat dan Raudhatul Ummat di Kota Palu.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolda Sulteng. Dalam sambutannya, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho menyampaikan, bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai bentuk perhatian institusi Polri terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama dalam bidang mental dan spiritual.

“Peringatan Maulid Nabi ini menjadi momentum bagi seluruh personel Polda Sulteng untuk meneladani akhlak, sikap, dan perilaku Rasulullah SAW yang sangat mulia. Dengan meneladani Nabi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan kinerja, baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho.

Lebih lanjut, Kapolda berharap bahwa melalui peringatan ini, seluruh personel Polda Sulteng akan semakin termotivasi untuk mengimplementasikan akhlak Rasulullah SAW dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam menjalankan tugas Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, serta dalam menjaga keamanan menjelang Pilkada Serentak 2024.

Ceramah hikmat dalam Maulid Nabi dibawakan oleh Habib Dr. Ali Hasan Al Jufri, selaku Pimpinan Pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi Dolo. Dalam ceramahnya, Habib Ali Hasan menyampaikan bahwa Rasulullah SAW adalah teladan utama dalam segala aspek kehidupan manusia.

“Rasulullah SAW adalah manusia paling sempurna yang Allah ciptakan, dan meneladani akhlak Nabi adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat,” ujar Habib Ali Hasan.

Ia juga mengajak kepada seluruh personel senantiasa menjaga Wudhu dan Sujud serta meningkatkan keimanan, kecintaan dan kinerja guna mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2024 Aman dan Sukses.

Habib Dr. Ali Hasan Al Jufri mengungkapkan 3 (tiga) cara Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2024 aman dan sukses, yakni;

  1. Nabi memiliki sifat Halim yang artinya sabar bahkan lebih tinggi dari kesabaran, yakni mampu menahan emosi saat akan marah.
  2. Nabi memiliki sifat syuri tauladan, Nabi selalu bermusyawarah dengan para sahabat dalam segala hal.
  3. Nabi memiliki sifat adil dalam segala aspek, ia tidak pernah membedakan antara sabahat satu dengan yang lainnya.

Habib Dr. Ali Hasan Al Jufri Ia juga mengapresiasi Kapolda Sulteng dan jajaran yang telah memberikan pengamanan penuh saat pelaksanaan muktamar al khairaat sehingga berjalan dengan aman dan kondusif.

Peringatan Maulid Nabi diakhiri dengan pemberian santunan berupa tali asih kepada anak-anak yatim piatu dari panti asuhan Al Mursalat dan Raudhatul Ummat di Kota Palu, sebagai bentuk kepedulian dan implementasi dari akhlak Rasulullah SAW.