BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Patroli Dini Hari Patra: Wujud Komitmen Brimob dalam Menjaga Kamtibmas

Palu, Tribratanews – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali melaksanakan patroli Kemitraan (Patra) di sejumlah titik keramaian Kota Palu pada Sabtu malam 28 September 2024. Patroli ini merupakan bagian dari tugas rutin yang bertujuan memberikan efek deteren terhadap potensi gangguan keamanan, sekaligus memperkuat hubungan antara personel Polri dan warga.

Dimulai pada Sabtu malam hingga dini hari, tim patroli Patra menyisir sejumlah lokasi strategis di Kota Palu yang kerap menjadi pusat aktivitas masyarakat. Beberapa titik yang menjadi fokus patroli adalah Palu Square di Jalan Soekarno Hatta, Pertigaan Tondo di Jalan Pendidikan, Pantai Talise, serta area Penggaraman Pantai Talise.

Dalam kegiatan ini, personel Patra aktif melakukan sambang dan memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat yang berkumpul. Selain itu, mereka juga membagikan informasi terkait keamanan lingkungan dan mengajak masyarakat untuk selalu waspada serta ikut serta dalam menjaga keamanan bersama. 

Kabagops Satbrimob Polda Sulteng, Kompol M. Iliyas, Amd.Kom., menegaskan pentingnya kehadiran personel di lapangan. “Kehadiran polisi di pusat keramaian pada dini hari sangat penting untuk menciptakan rasa aman. Ini juga sebagai upaya preventif untuk meminimalisir kejahatan jalanan yang sering terjadi di waktu-waktu rawan. Selain itu, sambang yang dilakukan oleh tim Patra membangun hubungan baik dengan warga, memperkuat sinergi dan kepercayaan antara masyarakat dan Polri,” ungkapnya.

Dampak mikro dari patroli ini terlihat langsung dari berkurangnya potensi gangguan di lokasi-lokasi yang dipatroli, sementara secara makro, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Brimob untuk menciptakan stabilitas keamanan yang lebih luas di Kota Palu. Dengan memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan, patroli ini berkontribusi terhadap terciptanya suasana kota yang lebih aman dan kondusif, terutama di malam hari. (Fz)