BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Patroli Patra Minggu Pagi: Sambang Rumah Ibadah, Jalin Silaturahmi dengan Warga

Palu, Tribratanews – Patroli Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali melaksanakan patroli Kemitraan (Patra) dini hari fokus pada sejumlah rumah ibadah dan titik kumpul warga. Lokasi yang disasar meliputi Gereja PNIEL di Jalan Cikditiro, Gereja Bala Keselamatan di Jalan Pattimura, Gereja St. Paulus di Jalan Pattimura, Gereja Pantekosta di Indonesia di Jalan Gajah Mada, warga di Jalan Samratulangi, hingga tempat wisata Pantai Kampung Nelayan, Minggu 29 September 2024

Di sini, personel Brimob kembali melakukan sambang, menyampaikan himbauan kamtibmas, serta menjalin kedekatan dengan para jemaat dan warga yang berada di sekitar lokasi tersebut. Kehadiran polisi di rumah ibadah memberikan rasa tenang dan nyaman kepada masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah.

Dansatbrimob Polda Sulteng, Kombes Pol Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si., mengapresiasi kegiatan ini. “Patroli yang dilaksanakan pada Minggu pagi ini adalah salah satu upaya kami untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya mereka yang sedang beribadah. Ini adalah wujud nyata bahwa Brimob Polda Sulteng senantiasa hadir di tengah masyarakat, tidak hanya dalam penegakan hukum, tetapi juga dalam menjaga hubungan baik dan silaturahmi. Kehadiran kami di rumah ibadah menunjukkan bahwa keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama, yang harus kita jaga secara berkesinambungan,” ujar Kombes Kurniawan.

Secara mikro, patroli ke rumah ibadah meningkatkan rasa aman dan kepercayaan warga terhadap Polri, terutama pada saat beribadah di akhir pekan. Sementara secara makro, upaya ini memperkuat solidaritas sosial di tengah masyarakat dan menciptakan suasana toleransi serta kebersamaan yang kuat, yang berujung pada stabilitas keamanan jangka panjang di wilayah Kota Palu.

Kegiatan patroli Patra ini membuktikan bahwa Satuan Brimob Polda Sulteng berkomitmen kuat dalam menjaga ketertiban, keamanan, serta membangun hubungan baik dengan masyarakat. Efek preventif yang ditimbulkan dari kehadiran personel Polri, baik di malam hari maupun di rumah ibadah, mencerminkan betapa pentingnya sinergi antara warga dan aparat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Patroli ini tidak hanya memberikan dampak positif secara langsung dalam menjaga kamtibmas, tetapi juga turut mendukung terciptanya rasa kebersamaan, kepercayaan, dan tanggung jawab bersama dalam menjaga stabilitas keamanan di Kota Palu. (Fz)