Uncategorized

Subsatgas Kawal OMP Tinombala 2024 Polres Touna Laksanakan Pamwal Logistik Pilkada

Touna – Kurang dari 2 bulan, pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan. Logistik Pilkada berupa kotak suara pemilihan tiba di gudang KPU Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Minggu sore (29/09/2024).

Logistik kotak suara diterima oleh operator logistik KPU Touna, di awasi oleh staf Bawaslu Touna dan dihadiri oleh Staf Kajari Touna serta personil Polres Touna yang melaksanakan pengamanan gudang logistik KPU Touna.

Logistik ini sebelumnya dibawa dari Kota Palu menuju Ampana dengan mengunakan Mobil Truk Fuso Long dan mendapat pengawalan dari personil Subsatgas Kawal Operasi Mantap Praja (OMP) Tinombala 2024.

Kasatgas Humas OMP Tinombala 2024 Polres Touna AKP Triyanto mengatakan, Kotak suara adalah bagian dari logistik pemilu yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada.

Dia menyampaikan, apabila kotak suara tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya dalam proses pemungutan suara di TPS maka efektivitas penggunaan kotak suara tidak akan tercapai.

“Maka untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada perlu dilakukan pengamanan dan pengawalan (Pamwal) terhadap logistik kotak suara tersebut,” ungkap Kasatgas Humas.

AKP Triyanto yang juga Kasihumas ini menambahkan, kegiatan Pamwal ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk memastikan keamanan dalam pendistribusian logistik Pilkada 2024 tiba dengan aman di Ampana.

“Pamwal ini dilakukan agar setiap tahapan Pilkada 2024 di Kabupten Touna dapat berjalan aman, lancar dan situasi kamtibmas tetap kondusif,” pungkasnya.

Adapun jumlah kotak suara yang diterima sesuai Berita Acara Nomor:253/PP.09-BA/7206/2024, sebanyak 646 buah, jumlah boks 130 boks. Terdiri dari 335 buah kotak KPU Provinsi (67 boks) dan 311 buah kotak KPU Kabupaten.