BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Bhabinkamtibmas Polsek Palu Barat dan Babinsa Koramil 01 Palu Barat Ajak Warga Jaga Pilkada Serentak 2024 Aman dan Bermartabat.

Polresta Palu, 8 Oktober 2024 – Dalam upaya mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang aman, damai, dan bermartabat, Bhabinkamtibmas Polsek Palu Barat bersama Babinsa Koramil 01 Palu Barat gencar mengajak warga binaan serta seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Boayoge, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, untuk berkomitmen mengawal proses demokrasi ini. Kegiatan sosialisasi yang bertujuan menjaga kondusivitas ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan.

Bhabinkamtibmas Polsek Palu Barat, Bripka Idham Pagasi, bersama Babinsa Koramil 01 Palu Barat, Serda Jailani, M, menghimbau agar warga dapat terlibat aktif dalam menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Kedua aparat ini menekankan pentingnya kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari provokasi serta mencegah penyebaran informasi yang dapat memecah belah persatuan di tengah momentum politik yang cukup sensitif ini.

“Pilkada bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga merupakan ujian bagi kita semua dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, kami mengajak warga untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang bersifat adu domba dan terus menjaga kebersamaan,” ujar Bripka Idham saat memberikan sosialisasi  dengan salah satu warga Kelurahan Boayoge.

Selain menjaga suasana yang kondusif, warga juga diingatkan untuk waspada terhadap penyebaran hoaks, terutama melalui media sosial. “Kita semua harus bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi. Jangan sampai ada berita yang tidak benar menjadi penyebab perpecahan di antara kita,” tambah Serda Jailani.

Sosialisasi dan ajakan untuk menjaga situasi aman ini merupakan bagian dari langkah preventif yang dilakukan oleh Polsek Palu Barat dan Koramil 01 Palu Barat. Diharapkan, dengan semakin banyaknya warga yang terlibat dalam menjaga Kamtibmas, Pilkada Serentak 2024 di Kota Palu dapat berjalan sukses tanpa adanya gangguan yang berarti.

Sementara itu, Kapolsek Palu Barat, IPTU Makmur Johan, S.Sos, menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus memonitor setiap perkembangan situasi di lapangan selama masa kampanye hingga pemungutan suara berlangsung. “Kami siap menjaga dan mengawal Pilkada ini dengan segala daya upaya. Namun, keamanan tidak bisa hanya dipegang oleh pihak kepolisian, peran aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Upaya sinergi antara TNI-Polri dan masyarakat di wilayah Palu Barat ini diharapkan menjadi teladan bagi wilayah-wilayah lain di Kota Palu, agar Pilkada Serentak 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan bermartabat sesuai dengan harapan semua pihak.

Dengan persatuan dan komitmen bersama, Kota Palu siap menyongsong pesta demokrasi ini dengan penuh kedamaian dan persaudaraan.