BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALUSATKER

Personel Satuan Lalu Lintas Hadiri Pembukaan Lat Pra Ops Zebra Tinombala 2024.

Polresta Palu, Sabtu, (12/10),-Dalam upaya mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibjar Lantas), Polresta Palu Mengikuti kegiatan Pembukaan Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Zebra Tinombala 2024. Kegiatan yang di Gelar Kamis, 11 Oktober 2024, di Ruang Rupatama Polresta Palu dan diikuti oleh Kabag Ops Polresta Palu, Kompol Romy, S.H., M.H., serta Wakasat Lantas Polresta Palu, Iptu Agus Subandono, S.H., bersama seluruh personel Satuan Lalu Lintas Polresta Palu.

Kegiatan Lat Pra Ops Zebra Tinombala 2024 ini dibuka secara langsung oleh Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K., M.H., melalui konferensi video yang tersambung dengan jajaran Polda Sulteng. Dalam arahannya, Kombes Pol Asep menekankan pentingnya kesiapan seluruh personel dalam melaksanakan operasi, terutama terkait dengan 10 prioritas sasaran operasi yang ditetapkan.

Operasi Zebra Tinombala 2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. Operasi ini bertujuan untuk menertibkan pengendara dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas, guna mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan.

Adapun 10 prioritas sasaran Operasi Zebra Tinombala 2024 meliputi:

1. Mengemudi dengan melawan arus lalu lintas.

2. Mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang.

3. Menggunakan ponsel saat mengemudi.

4. Pengendara dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm berstandar SNI.

5. Pengemudi dan penumpang mobil di kursi depan tidak menggunakan sabuk pengaman.

6. Menerobos lampu lalu lintas (traffic light).

7. Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.

8. Kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot bising atau tidak sesuai standar.

9. Penggunaan lampu isyarat yang tidak sesuai aturan (strobo).

10. Kendaraan bermotor yang melebihi muatan (over dimension dan over load).

Dalam sambutannya Irwasda Polda Sulteng, menekankan pentingnya sinergi antara seluruh personel Satuan Lalu Lintas dalam menjalankan operasi ini. “Operasi Zebra Tinombala bukan hanya sekedar penegakan hukum, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran di jalan raya. Kedisiplinan dan ketegasan dalam bertugas harus selalu dijaga,” ujar Kombes Asep.

Kombes Pol Asep Juga menambahkan bahwa melalui operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. “Dengan fokus pada 10 prioritas ini, kita berharap masyarakat semakin patuh terhadap peraturan, sehingga keselamatan di jalan dapat terwujud,” tutupnya.

Selama operasi, seluruh personel Satuan Lalu Lintas Polresta Palu akan terjun ke lapangan untuk mengawasi pelanggaran, memberikan teguran, serta melakukan penindakan bagi pelanggar yang tidak mematuhi aturan. Operasi ini juga akan melibatkan pendekatan persuasif dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pengendara agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Operasi Zebra Tinombala 2024 menjadi salah satu langkah strategis dalam menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan tertib, khususnya di wilayah Kota Palu. Diharapkan dengan pelaksanaan operasi ini, angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dapat menurun secara signifikan, serta tercipta budaya berkendara yang lebih aman di kalangan masyarakat.