BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

TNI-Polri Pantau Genangan Air di Kecamatan Masama, Dampak dari Curah Hujan yang Tinggi

Banggai, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Petugas TNI-Polri terjun memantau kondisi genangan air pasca tingginya curah hujan yang melanda dua desa di Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, Kamis (01/09/2022).

Dua desa yang tergenang air itu yakni Desa Dwata Karya dan Desa Minang Andala, Kecamatan Masama.

“Ada lima rumah warga yang digenangi air yakni tiga rumah di Desa Dwata Karya dan dua rumah di Desa Minang Andala,” ungkap Kapolsek Lamala, Iptu Muhammad Zulfikar SH.

Genangan yang diperkirakan mencapai 10 centimeter itu berasal dari luapan air saluran drainase milik warga yang kecil sehingga tidak mampu menampung debit air hujan.

“Saluran drainase milik warga ini kecil sehingga meluap ke jalan dan halaman rumah warga,” jelasnya.

Dari hasil monitoring petugas di lapangan belum ditemukan adanya korban jiwa atau kerugian materil dari peristiwa tersebut.

“Pada pukul 16.00 Wita terpantau genangan air sudah berangsur-angsur surut,” ungkap Kapolsek Lamala.

Lanjut Kapolsek Lamala, mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, warga pun diimbau untuk selalu waspada dan mengungsi ke tempat yang lebih aman apabila curah hujan tidak berhenti.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan serta instansi terkait dalam hal tanggap bencana dan upaya tindak lanjut apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.(fn)