BID HUMASSATKER

Dir Lantas Polda Sulteng Tekankan Personil, Laksanakan Dengan Maksimal Sosialisasi Dan Edukasi ETLE Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Presisi

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Memasuki hari terahir pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala 2022 Direktorat Lalulintas Polda Sulteng terus berupaya semaksimal mungkin dalam mensosialisasikan Tilang ETLE Mobile dengan tujuan mewujudkan Kamseltibcarlantas yang presisi, Minggu (16/10/2022).

Selain itu perlu diketahui, dalam operasi ini petugas juga melakukan penindakan dengan menempelkan stiker larangan parkir terhadap kendaraan yang terparkir di bahu – bahu jalan yang di sinyalir dapat mengganggu kelancaran lalulintas yang menyebabkan kemacetan jalan raya.

Hal ini juga di tegaskan oleh  Direktur Lalulintas (Lantas) Polda Sulteng, Kombes Pol Kingkin Winisuda, S.H, S.I.K, bahwa pelaksanaan operasi zebra tinombala ini akan didukung penegakkan hukum secara elektronik serta teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri, dengan mengedepankan tidakan edukatif dan persuasif serta humanis.

“Memasuki hari terahir ini saya mengharapkan kepada personil yang terlibat agar tetap maksimal dan jangan kendor dalam mensosialisasi serta menghimbau masyarakat tentang tilang ETLE, perlu diketahui bahwa denda tilang ETLE ini apa bila tidak dilaksanakan kewajiban terhadap denda tilang maka saat akan memproses perpanjangan STNK di samsat maka akan di tunda karena masih ada tanggungan membayar kewajiban denda tilang sehingga tidak akan di proses,”Ujarnya.

“Maka dari itu petugas diharapkan agar semaksimal mugkin dalam mensosialisasikan pentingnya tertib berlalulintas dan mengedukasi masyarakat tentang adanya tilang ETLE Mobile, terutama bagi pengendara yang masih memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, pengendara yang tidak mengenakan sefty belt, tidak menggunakan hlem dan kelengkapan berkendara lainnya,”Ucapnya.

Perlu diketahui di kota Palu sudah ada penerapan ETLE walaupun sekarang masih bersifat sosialisasi maka dari itu diharapkan masyarakat yang melintas di kota Palu agar tertib dalam berlalulintas di jalan raya.

Lebih lanjut, Kombes Pol Kingkin Winisuda, S.H, S.I.K menambahkan, pelaksanaan ops zebra ini bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib dalam berlalulintas, sosialisasi dan edukasi terus dilakukan dengan harapan agar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, jangan sampai menjadi pelaku apalagi korban kecelakaan agar tidak ada penyesalan.

“Dalam kesempatan ini diharapkan masyarakat agar ikut berpartisipasi dan berkontribusi serta andil bersama – sama saling peduli agar terwujudnya kamseltibcarlantas yang presisi,”Tutupnya.(DA)