BID HUMASSATKER

Akp Velly : Untuk Para Calon Anggota Kepolisian, Agar Tetap Percaya Diri Untuk Mengejar Mimpi

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Menjadi anggota Polri merupakan profesi yang banyak sekali diminati masyarakat baik laki-laki maupun perempuan.

Banyak hal serta pengorbanan yang dilakukan demi tercapainya tujuan itu.

Tak terkecuali dengan Velly, seorang polisi yang saat ini telah menjabat sebagat sebagai Kapolsek Palu Selatan Polresta Palu.

Lika-liku kehidupan Velly hingga menjadi aparat penegak hukum berbuah manis.

Siapa sangka, pria kelahiran Poso 20 Maret 1975 itu adalah anak seorang petani.

Dari kecil hingga dewasa, kehidupan sehari-hari hanya bergantung dari hasil pertanian orang tuany.

“Saya adalah anak seorang petani, dari kecil memang saya hidup sederhana, anak-anak lain liburan saya tetap bekerja membantu orang tua,” ucapnya saat ditanya diruangan kerjanya, Jl Zebra, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan Rabu (25/1/2023) sore.

Karena berpindah-pindah, Velly kemudian tumbuh besar di Parigi yang merupakan Ibukota Kabupaten Parigi Moutong.

“Saya dari SD sampai SMA itu di parigi,” ucapnya.

Anak ke 3 dari 5 bersaudara juga ini mengungkapkan rasa harunya ketika tak mempunyai uang disaat sedang mengikuti test kepolisian hingga hanya memakan pisang rebus selama 3 hari.

Namun, cobaan hidup itu tak pernah menjadi penghalang untuk terus berusaha hingga lolos menjadi seorang polisi.

“Itu tidak akan pernah saya lupakan, pada saat itu memang ada pohon pisang dirumah paman saya yang saya tinggali, disitu sudah tidak punya uang beras juga tidak ada, maka saya rebuslah pisang itu,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Kata pria berpangkat AKP ini, keinginan menjadi polisi karena sering menonton film detektif dan hal itu kemudian menjadi kenyataan.

“Saya pernah menjadi Panit Riksa Provos Polda Sulteng, Kapolsek Batui, Kasat Narkoba Polres Banggai, Kanit Jatanras dan Kanit Resmob karena saya suka nonton film detektif, seperti mengungkap kasus dan memang betul itu menjadi kenyataan,” katanya.

Velly berpesan untuk para calon anggota kepolisian agar tetap percaya diri untuk mengejar mimpi, karena hal itu adalah point terpenting yang harus ditanamkan dalam diri.

“Percaya dengan kemampuan sendiri, hal tersulit adalah mengalahkan diri sendiri bukan mengalahkan orang lain,” ujarnya. (ab)