BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Pengarahan pimpinan diperlukan sebelum pelaksanaan tugas dilapangan

Tribratanews, Palu – Senin 20/02/23. Disiplin, ketaatan kepada pimpinan, dedikasi dan integritas merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh setiappersonil baik TNI mapun Polri. Tanpa itu semua kita hidup seperti gerombolan, hanya berkelompok namun dalam bertindak semaunya sendiri.

Untuk memperoleh semua yang disebut diatas memerlukan rekrutment yang baik, pola pendidikan yang baik dan pembinaan dengan benar saat mereka bertugas. Itulah kunciuntuk menciptakan insan Tni dan Polri yang terpilih, tanggon, trengginas dan cerdas.

Wilayah Sulteng yang saat ini banyak diminati investor karena kandungan bumi yang melimpah memerlukan perlakuan khusus, termasuk dibidang keamanan. Tanpa keamanan tidak mungkin investor tertarik apalagi menanamkan modalnya. Untuk itu kesiapan personil Polri sangat diperlukan bahkan bisa dikatakan sangat krusial. Korelasinya adalah bahwa tugas pokok Polri sesuai undang undang inilah yang mengikat seluruh personil Polri untuk bertanggung jawab di bidangnya masing masing.

Seperti yang dilakukan oleh personil yang sedang melakukan backup perusahaan di bidang Sawit yang ada di beberapa kabupaten di Sulteng. Mereka melakukan back up dengan profesional. Dalam hal ini mereka melakukan tugasnya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Untuk menjaga agar personil paham maka setiap pergantian penugasan mereka dibekali dengan pengarahan dari komandan yang ada di setiap tingkatan. Kepentinganya adalah agar setiap personil memahami apa tugas dan tanggung jawabnya, dalam pengertian bahwa setiap personil memahami benar harus siapa, berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa.

Harapanya dalam pelaksanaan tugas tidak terjadi penyimpangan penyimpangan, bukan justru keberadaan aparat bukan memelihara keamanan sebaliknya menjadi sumber dari ketidak nyamanan. Tentu hal tersebut tidak boleh terjadi, sehinga pengawasan dan pengarahan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap komandan.(DA)