BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Tingginya angka korban meninggal dunia menjadi perhatian Polantas

Tribratanews, Palu – Rabu 1/03/23. Angka kematian akibat Laka Lantas bulan Januari 2023 untuk wilayah hukum Polda Sulteng mencapai 10 orang. Hal ini dikatahui dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Dit Lantas Polda Sulteng. Kondisi ini menjadi perhatian khusus Dit Lantas Polda Sulteng. Memang diketahui ada beberapa faktor yang menjadi penyebab angka kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya orang. Namun dari hasil evaluasi mayoritas kecelakaan tersebut merupakan kelalaian manusia.

Merujuk pada kenyataan diatas maka Dit Lantas akan melakukan pendekatan preventif, dimana bagaimana caranya agar pelanggaran lalu lintasdapat ditekan. Dilakukanya upaya preventif seperti pengaturan, penjagaan, Patroli dan Pengawalan untuk sedini mungkin agar para pengendara menyadari pentingnya tertib berlalu lintas. Rumus dari kecelakaan adalah bahwa kecelakaan Lalu Lintasselalu didahului oleh sebuah pelanggaran. Dengan ditekanya angka pelanggaran berbanding lurus dengan berkurangnya angka kecelakaan.

Pada Rabu 1 Maret 2023 Polantasdari Dit Lantas Polda Sulteng melakukan patroli di wilayah kota Palu yang menjadi pusat kepadatan Lalu Lintas. Selain di Kota Palu di wilayah padat seperti di kabupaten Morowali dan khususnya di sekitar perusahaan pertambangan juga penjagaan serta pengaturan secara intensif dilakukan.

Pantauan Tribratanews patroli dilakukan oleh Polantas dan beberapakendaraan yang memarkirkan kendaraan secara sembarangan dilakukan teguran. Mengingat parkir sembarangan atau bukan pada tempatnya dapat mengganggu pengguna jalan lainya bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan.(DA)