BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kematangan spiritual sangat menunjang dalam pembentukan karakter

Tribratanews, Palu – senin 06/03/23. Karakter merupakan perilaku yang seimbang, sehingga apabila seseorang berkarakter mengartikan bahwa orang tersebut memilikiintegritas dimanapun berada. Memang kesempurnaan hanya milik Tuhan, namun paling tidak kita dalam hidup berusaha sekuat tenaga untuk menjadi sempurna. Dengan demikian segala sesuatu yang kita perbuatakan selalu dinilai positif bukan saja secara logika, secara emosional namun juga secara spiritual.

Pada apel pagi Senin 6 Maret 2023 Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K., M.H mengingatkan kepada peserta apel di halaman Mapolda Sulteng agar setiap personil selalu menjaga dirinya agar tidak terpengaruh oleh hal yang menyimpang. Karena apabila hal tersebut dilakukan maka yang siibuk bukan hanya pribadi namun kesatuan juga ikut terimbas bahkan dapat menurunkan kepercayaan masyarakat.

Untuk itu Irwasda mengharapkan agar sarana yang sudah disiapkan oleh kesatuan untuk mematangkan spiritual seperti Masjid, Gereja dan Pura digunakan secara maksimal. Bukan saja pada hari Kamis tiap minggunya yang dilaksanakan karena merupakan pembinaan rohani, namun pada saat saat yangbtelah ditentukan secara ritual untuk dilaksanakan secara serius. Apabila kita laksanakan secara serius dan khidmat maka kematangan spiritual dapat terbentuk dalam diri personil masing masing.

Dari hal tersebut diatas maka spiritual adalah bagian yang tidak terpisahkan dari diri seseorang yang memiliki karakter. Dalam bahasa kerenya disebut attitude, tidak mungkin orang memiliki attitude apabila tidak matang kecerdasan intelektualnya, kecerdasan emosionalnya Dan kecerdasan spiritualnya. Sehingga percaya penuh dan sungguh sunguh kepada Tuhan merupakan syarat mutlak bagi seseorang untuk menjadi seorang yang memiliki integritas.(DA)