BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda harapkan Ramadhan tahun ini tidak ada konflik antar warga

Tribratanews, Palu – Senin 27/03/23. Berkaca pada kebiasaan atau tradisi d Sulawesi Tengah pada bulan puasa, anak mudanya selalu begadang sambil menunggu sahur tiba. Dari sekedar ngobrol sampa dengan adanya candaan sering memicu permasalahan yang berekses pada perselisihan. Yang paling disayangkan perselisihan acapkali bukan diselesaikan dengan mencari solusi, namun sebaliknya dilakukan dengan mengedepankan fisik, terjadilah konflik yang melebar dan melibatkan orang banyak.

Dalam apel pagi Senin 27 maret 2023 Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi mengharapkan agar seluruh anggota Polda Sulteng untuk mengantisipasi jangan sampa terjadi konflik antar warga pada bulan suci Ramadhan.

Peran aktif seluruh anggota untuk ditingkatkan terutama di lingkungan masing masing. Para Babinkamtibmas untuk lebih proaktif untuk mengetahui situasi wilayah atau area kerjanya, sehingga mengetahui potensi gangguan yang mungkin dapat terjadi.
Kapolda mengingatkan bahwa beberapa tahun yang lalu di wilayah Sulteng sempat terjadi konflik warga karena ulah anak mudayang begadang saat bulan puasa.

Kejadian tersebut dapat djadikan sebagai pembelajaran yang berharga, dan kita bersama berusaha agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi untuk seterusnya.
Kepada masyarakat luas diharapkan untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan perbanyak ibadah, perbanyak berbuat baik antar sesama. Hindari hal hal yang akan merusak puasa kita, hindari konflik antar sesama. Kepada yang tidak menjalankan puasa untuk dapat saling menghormati antar umat, karena kebhinekaan adalah ciri has bangsa Indonesia yang kita cintai bersama.(ab)